Editorial
24 February 2022

3 Penyebab Susah Tidur dan Nafsu Makan Berkurang Paling Sering




Sulit tidur atau insomnia merupakan gangguan yang umum terjadi. Namun, kombinasi penyebab susah tidur dan nafsu makan berkurang bisa jadi cukup spesifik.

Sebagian besar gangguan susah tidur bisa selesai dengan menghilangkan penyebabnya. Akan tetapi, ada kalanya tetap butuh bantuan tenaga kesehatan profesional untuk mengatasinya.

Coba cek adakah di antara 3 penyebab susah tidur dan nafsu makan menurun berikut yang kamu alami. Jika ada, lihat solusi apa yang perlu kamu lakukan.

 

Stress dan Depresi

Sebagian besar penyebab tidak bisa tidur dan tidak nafsu makan sebenarnya bersifat psikologis. Yang paling sering adalah stres dan depresi.

Momen penuh tekanan dalam kehidupan seperti kehilangan orang yang dicintai, sakit berkepanjangan, perpisahan, dan semacamnya bisa jadi penyebab stres. Pada tahap yang lebih parah, hal ini bisa menjadi depresi.

Coba renungkan apakah kamu sedang mengalami momen seperti ini. Atau, bisa jadi momen tersebut telah cukup lama lewat, tapi masih membekaskan trauma di diri kamu.

Meski sebagian orang bisa melewati momen seperti ini seiring waktu, tapi tak apa jika kamu membutuhkan bantuan profesional. Hubungi psikolog atau psikiater untuk mendapatkan terapi yang tepat.

 

Konsumsi Stimulan

Stimulan seperti nikotin dan kafein juga bisa jadi salah satu penyebab sulit makan dan nafsu makan berkurang. Zat tersebut memaksa otak terus aktif dan membuat rasa lapar seolah-olah menghilang.

Beberapa obat antidepresan dan obat asma juga memiliki efek samping ini. Begitu juga dengan narkoba seperti ganja dan stimulan lain.

Jika kamu rutin mengonsumsi kopi, merokok, atau alkohol, coba hentikan. Lihat apakah gejala susah tidur dan hilang nafsu makan yang kamu alami bisa hilang atau tidak.

Pastikan juga untuk selalu mengonsumsi obat dengan resep dokter. Hindari obat-obatan warung yang bisa jadi mengandung stimulan juga.

 

Gejala Penyakit

Beberapa penyakit juga bisa menimbulkan gejala susah tidur dan hilang nafsu makan.

Dari golongan penyakit degeneratif yaitu kanker, diabetes, gangguan fungsi ginjal, dan sebagainya. Sementara itu, dari golongan penyakit menular adalah TBC, pneumonia, dan lainnya.

Jika kamu merasa gangguan sulit tidur dan nafsu makan yang menurun tersebut sudah mengganggu kehidupan sehari-hari, jangan ragu untuk menemui dokter.

Dokter akan memastikan penyebab susah tidur dan nafsu makan berkurang yang kamu alami dan memberikan solusinya.

 

Disamping itu, kamu juga memerlukan proteksi untuk melindungi dirimu dari berbagai risiko penyakit di atas dengan beragam produk asuransi dari Ciputra Life. Tentukan produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhanmu disini!