Editorial
21 March 2022

4 Langkah Memperbaiki Diri Menjadi Lebih Baik




4 Langkah Memperbaiki Diri Menjadi Lebih Baik

 

Seiring bertambahnya usia, banyak orang yang ingin memperbaiki diri jadi lebih baik dari sebelumnya. Bagaimana saja caranya? Cari tahu selengkapnya berikut ini.

 

4 Cara Mengubah Diri Menjadi Lebih Baik dan Dewasa

Menjadi pribadi yang lebih baik tak melulu melibatkan langkah-langkah ekstrem yang membuatmu jadi keras terhadap diri sendiri. Malahan, kamu bisa memulai perubahan tersebut dari hal-hal kecil.

Berikut beberapa contoh cara fokus memperbaiki diri:

 

Asuransi Pendidikan adalah

 

1. Rutin Bersyukur

Tips ini mungkin terdengar klise. Namun, sebuah studi menemukan bahwa rasa syukur memiliki korelasi erat dengan  kesejahteraan hidup seseorang.

Anna Hennings, seorang Mental Performance Consultant yang bersertifikasi, menyarankan daftar hal-hal untuk disyukuri, mencakup perkembangan diri, inspirasi, teman/keluarga, ketenangan, dan kejutan dalam hidup.

 

2. Mindful Living

Penelitian menunjukkan bahwa saat kamu berada dalam kondisi tidak fokus secara tidak sengaja, otak akan masuk ke dalam mode default. Hal ini dapat menimbulkan peningkatan kecemasan serta komunikasi yang buruk.

Untuk mengubah hal ini, kamu dapat belajar untuk menjadi sadar secara penuh dengan hidupmu saat ini. Menurut Declutter the Mind, mindful living berarti menyadari secara penuh akan tindakan, perkataan, serta perasaan di saat ini.

 

3. Tidur yang Cukup

Percayalah bahwa durasi serta kualitas tidur mempengaruhi performa kamu sehari-sehari sebagai seorang manusia. Dengan tidur yang cukup dan berkualitas, kamu bisa menjadi pribadi yang lebih sehat.

Selain itu, kamu juga bisa mengurangi risiko kesehatan mental seperti gangguan kecemasan atau depresi.

 

4. Lakukan Kebaikan Kecil

Melakukan kebaikan-kebaikan random tanpa pamrih juga bisa jadi motivasi untuk menjadi pribadi yang lebih baik serta dewasa. Sebuah studi menyatakan bahwa tindakan baik berhubungan dengan kesejahteraan seseorang.

Coba lakukan hal kecil seperti membantu seseorang menyeberang jalan, memuji penampilan seseorang, atau bahkan hal sesimpel tersenyum dan menyapa orang lain dengan ramah dalam kehidupan sehari-hari.

Temukan informasi menarik seputar kesehatan lainnya disini!

 

Sumber:

Mindfulll for Wellbeing and Peak Performance. (2022). Monash University. Diperoleh dari https://www.monash.edu/study/courses/find-a-course/2022/mindfulness-for-wellbeing-and-peak-performance-pdm1135

Sharpe, R. (2020, September 22). Mindful Living: 16 Ways to Live Mindfully in 2022. Diperoleh dari https://declutterthemind.com/blog/mindful-living/#:~:text=Mindful%20living%20is%20about%20living,reactions%20and%20in%20your%20head.

Sleep Matters: The Impact of Sleep on Health and Wellbeing. (2011, Mei). Diperoleh dari https://www.mentalhealth.org.uk/publications/sleep-report

Wood, A. M., et al., Gratitude and well-being: A review and theoretical integration. Clinical Pyschological Review (2010), doi: 10.1016/j.cpr.2010.03.005