Editorial
27 May 2024

Apa Fungsi Asuransi Jiwa KPR Saat Hendak Beli Rumah?



Apa Fungsi Asuransi Jiwa KPR Saat Hendak Beli Rumah?

Asuransi jiwa pada KPR untuk apa

Jika saat ini Anda sedang mencari informasi terkait pengajuan KPR, mungkin Anda akan melihat Asuransi Jiwa Kredit sebagai salah satu komponen pembayaran. Memangnya fungsi Asuransi Jiwa KPR itu apa? Mengapa hal tersebut menjadi penting? Simak artikel ini untuk cari tahu jawabannya ya, CiLifers!

 

Asuransi Jiwa pada KPR, Untuk Apa Sebenarnya?

Asuransi jiwa KPR dibayar kapan

Saat mencari hunian pertama yang menerima skema KPR, memiliki informasi sebanyak mungkin merupakan aset utama. Tidak hanya perlu mengetahui dokumen dan langkah pengajuannya, Anda juga perlu mengetahui syarat-syaratnya.

Nah, salah satu syarat yang akan Anda temui adalah pembuatan asuransi jiwa KPR untuk rumah. Apa itu?

Sama seperti asuransi jiwa lainnya, Asuransi Jiwa KPR juga memberikan Manfaat pada orang-orang terdekat Anda jika terjadi risiko tutup usia pada Anda sehingga orang-orang yang Anda sayangi bisa terbebas dari duka finansial.

Namun, yang membedakan adalah Manfaat pada asuransi jiwa KPR berbentuk pembayaran angsuran KPR, bukan dana santunan ya CiLifers.

 

Secara keseluruhan, kapasitas asuransi jiwa KPR adalah sebagai berikut:

1. Sebagai Komponen Wajib untuk Mengajukan KPR

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, pembuatan asuransi jiwa KPR adalah kewajiban bagi calon pemilik yang hendak memproses rumah melalui KPR.

Asuransi jiwa KPR dibayar kapan sebaiknya? Biasanya, bank akan meminta Anda membuat asuransi jiwa KPR saat melakukan akad kredit. Asuransi ini perlu Anda bayar sekali saja.

Kemudian, premi atau biaya asuransi KPR rumah bervariasi pada tiap orang. Aspek yang menentukan adalah profil risiko saat Anda mengajukan KPR, jumlah angsuran, serta lama tenor KPR.

2. Perlindungan untuk Orang Terkasih

biaya asuransi KPR rumah

Dalam situasi dimana Anda tak bisa lagi menopang keuangan keluarga, misalnya karena meninggal dunia, asuransi jiwa KPR akan membantu membayar cicilan KPR Anda.

Dengan begini, orang-orang yang Anda sayangi tak akan kelabakan mencari uang untuk melunasi KPR tiap bulannya.

Tak hanya sampai situ, dengan asuransi jiwa KPR, orang terkasih juga tak akan mengalami penyitaan properti akibat tak bisa membayar cicilan.

3. Jadi Jaminan untuk Bank

Saat memproses KPR, bank akan mengeluarkan dana dalam jumlah besar. Maka dari itu, untuk menghindari risiko kredit macet, bank perlu memastikan Anda agar tetap membayar KPR.

Disitulah peran asuransi jiwa KPR: yakni menjadi penjamin untuk bank agar KPR tetap berjalan meski Anda sudah tak bisa lagi membayar.

Demikian fungsi asuransi jiwa KPR. Selanjutnya, Anda tinggal lengkapi pengajuan KPR dengan Asuransi Jiwa Kredit dari Ciputra Life untuk Amankan Masa Depan keluarga dan rumah impian Anda dengan langkah sederhana.