Editorial
25 November 2019

Berapa Porsi Makan Perhari Yang Seharusnya?



Setiap harinya manusia membutuhkan asupan makanan untuk menjalankan fungsi tubuh agar dapat melakukan aktivitas dan tetap produktif. Namun, tidak banyak orang yang mengetahui jumlah asupan yang sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh.

Atau, jangan-jangan kamu salah satunya? Tenang! Berikut akan ada rangkuman berapa porsi makan yang seharusnya dikonsumsi setiap harinya. 

  1. Konsumsi karbohidrat 2/3 piring dalam sekali makan 
    Zat gizi karbohidrat yang dapat memenuhi kebutuhan tubuh bisa kamu penuhi melalui makanan seperti beras, kentang, singkong, ubi jalar, talas, jagung, olahan sagu, dan biji-bijian. Karbohidrat dibutuhkan tubuh sebagai sumber energi dengan memecahnya menjadi gula darah yang dibutuhkan tubuh. Dalam sehari, kebutuhan karbohidrat rata-rata yang dikonsumsi disarankan tidak melebihi 500 gram nasi atau sekitar 5 centong nasi. Jadi kamu bisa atur sendiri deh berapa centong jumlah nasi dalam sekali makan asal tidak melebihi 5 centong yah! 
     
  2. Lauk pauk 1/3 porsi piring dalam sekali makan
    Kamu perlu lauk pauk untuk menambah jenis makanan dalam piring kamu. Pastikan kamu memilih lauk pauk yang mengandung tinggi protein. Zat gizi protein tubuh dapat dipenuhi dengan mengkonsumsi daging-dagingan seperti ayam, sapi, kambing, rusa, ikan, dll. Kamu juga bisa memenuhi asupan gizi protein nabati seperti tahu, tempe, dan kacang-kacangan. Lauk pauk yang berasal dari hewan seperti daging dan telur dapat dikonsumsi maksimal 160 gram saja perharinya. Hal ini setara dengan 2 atau 3 potong daging. Tetapi untuk protein nabati, kamu bisa memakannya hingga 400 gram setiap harinya. 
     
  3. 1/2 porsi piring berisi 2/3 sayuran dan 1/3 buah-buahan 
    Berdasarkan piring makanku sekali makan yang dianjurkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, kamu bisa mengkonsumsi ½ piring yang berisi sayuran dan buah-buahan. Pilih beragam sayur dan buah untuk variasi menu makan kamu. Kebutuhan gizi sayur dan buah hampir sama dengan karbohidrat. Kamu bisa mengkonsumsi 400-500 gram sayur dan buah tiap harinya untuk menjaga kesehatan dan melancarkan sistem pencernaan kamu. 

 

Atau kamu dapat melihat pedoman makan dari gambar di bawah ini : 

sumber : terlampir pada gambar


Nah itu dia porsi makan yang seharusnya setiap kali makan. Porsi makan ini dianjurkan untuk dewasa tanpa adanya gangguan penyakit atau infeksi. Pastikan kamu melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit sehari agar kalori yang masuk dapat terbakar dan terhindar dari risiko penyakit tidak menular. 

Bukan hanya menjaga porsi makan saja, kamu juga perlu mengkonsumsi air mineral dengan cukup minimal 8 gelas atau 2 liter perharinya agar kamu tetap terhidrasi dan tetap sehat. Variasi menu makan yang dikonsumsi sehari juga harus diiringi dengan bumbu atau pelengkap yang sesuai dengan anjuran. Penggunaan gula, garam, dan minyak sehari-hari disarankan untuk tidak melebihi anjuran. 

Gimana sudah tahu kan porsi makan yang seharusnya? Selamat menerapkan!

 

 

#Harap berhati-hati dengan penipuan yang mengatasnamakan Ciputra Life 
#PT. Asuransi Ciputra Indonesia terdaftar dan diaawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan