Editorial
22 February 2022

Ternyata Segini Jam Makan Malam yang Baik dan Alasannya




Makan malam merupakan salah satu momen yang penting untuk kesehatan. Memilih jam makan malam yang baik dengan menu yang tepat akan sangat membantu menjaga kesehatan tubuh supaya selalu optimal.

Pola makan yang sehat ternyata tidak hanya tentang apa makanannya, tapi juga kapan makannya. Di antara hal yang sering membuat orang khilaf adalah pemilihan waktu makan malam.

Sebenarnya, makan malam yang baik itu jam berapa? Adakah batasan terakhirnya?

4-5 Jam setelah Makan Siang

Makan malam sebaiknya tidak berjarak terlalu dekat ataupun terlalu jauh dengan makan siang.

Jika terlalu dekat, maka porsi sistem pencernaan belum sempat memproses apa yang telah kamu makan. Ini bisa berakibat pada porsi makan yang kurang serta kembali lapar pada saat jam tidur malam.

Sebaliknya, kalau makan malam terlalu lambat, maka perut cenderung merasa sangat lapar. Efeknya, porsi makan malam bisa terlalu banyak. Tentunya ini tidak baik terutama ketika kamu sedang menjalankan program makan malam untuk diet.

Paling ideal adalah 4-5 jam setelah makan siang. Di jam segini, lambung sudah selesai memproses makan siang dan sempat beristirahat.

Selain itu, kamu juga masih belum terlalu lapar sehingga tidak terdorong untuk mengambil porsi makan malam yang berlebihan.

3 Jam sebelum Tidur Malam

Salah satu kebiasaan buruk yang masih banyak orang lakukan adalah pergi tidur setelah makan.

Memang, makan dalam keadaan perut kenyang itu menyenangkan. Akan tetapi, ada risiko asam lambung naik atau gastroesofageal reflux (GERD) yang perlu diwaspadai.

Terlalu sering mengalami asam lambung naik bisa berakibat pada hal yang lebih buruk. Salah satu cara mencegahnya adalah makan malam 3 jam sebelum beranjak tidur.

Waktu 3 jam memberikan kesempatan bagi lambung untuk memproses seluruh makanan sehingga risiko GERD bisa terhindar.

Kesimpulan

Jadi, jam berapa makan malam yang baik?

Sebagai negara tropis, jadwal kegiatan orang Indonesia biasa makan siang di jam 1-an dan tidur malam jam 10-an. Karena itu, jam makan malam yang sehat dan ideal adalah antara pukul 17.00 - 19.00.

Tentunya, hal ini menyesuaikan dengan waktu setempat. Namun, kurang lebih prinsip dan alasannya seperti itu.

Ingat, makan tidak hanya tentang apa, tapi juga kapan. Membiasakan jam makan malam yang baik akan mencegah Anda mengalami banyak masalah kesehatan.

Selanjutnya, jika kamu memiliki masalah kesehatan akibat pola makan, jangan ragu untuk menghubungi dokter. Jangan lupa juga untuk memberikan perlindungan ekstra untuk kesehatanmu dengan berragam produk Asuransi Ciputra Life.

Temukan produk Asuransi yang tepat untukmu disini!