Editorial
22 January 2024

3 Cara Mempersiapkan Dana Pensiun dengan Matang



3 Cara Mempersiapkan Dana Pensiun dengan Matang

 

Mengumpulkan dana pensiun sebanyak mungkin memang merupakan langkah yang baik. Tapi, akan jadi lebih baik lagi apabila dipadukan dengan strategi yang matang. Bagaimana cara mempersiapkan dana pensiun yang ideal? 

3 Cara Mempersiapkan Dana Pensiun yang Cermat

Mungkin Anda bertanya-tanya mengapa harus siapkan dana pensiun secermat mungkin? Memangnya tak bisa kumpulkan dana pensiun dengan menabung yang banyak saja?

Hal tersebut memungkinkan, tapi memiliki celah. Tidak ada yang bisa memprediksi masa depan, dan Anda tentu tak ingin keteteran saat ada kebutuhan mendadak berbiaya besar. Untuk mengantisipasinya, Anda bisa coba strategi berikut;

1. Siapkan Sesegera Mungkin, Jangan Ditunda

cara mempersiapkan dana pensiun

 

Kapan waktu yang tepat untuk menyiapkan dana pensiun? Lebih cepat lebih baik. Dengan menyediakan jendela waktu yang lebar, dana pensiun yang bisa Anda siapkan juga bisa lebih banyak.

 

2. Gali Kebutuhan Diri Terkait Pensiun

mengapa harus siapkan dana pensiun

Banyak orang berharap agar bisa produktif selama mungkin, bisa saja termasuk Anda. Namun, sebaiknya Anda membuat rencana pensiun agar bisa membuat estimasi dengan jernih. Beberapa aspek yang perlu Anda tentukan yakni;

  • Target usia pensiun Anda. Rata-rata orang Indonesia pensiun di umur 58-65 tahun, bahkan 45 tahun jika ingin pensiun dini.

  • Kondisi kesehatan. Hal ini penting untuk mengestimasi usia harapan hidup Anda. Ini bisa Anda lakukan dengan melakukan general check up setidaknya setahun sekali. Namun, rata-rata angka harapan hidup di Indonesia adalah 60-70 tahun.

  • Total kebutuhan per tahun saat ini. Hal ini termasuk kebutuhan Anda pribadi, kebutuhan keluarga yang masih dalam tanggungan, serta cicilan yang masih berjalan. Agar lebih aman, sertakan juga faktor inflasi dalam hitungan Anda.

  • Jarak waktu hingga pensiun. Dari sekarang hingga pensiun, berapa tahun yang Anda punya? Dengan mengetahui hal ini, akan lebih mudah mengestimasi nominal yang Anda kumpulkan.

3. Buat Rencana Sumber Dana Pensiun

Kapan waktu yang tepat untuk menyiapkan dana pensiun

Sekarang Anda sudah tahu berapa nominal yang Anda perlukan untuk bisa pensiun dengan nyaman. Selanjutnya, Anda bisa menambah opsi sumber dana pensiun Anda, misalnya dengan;

  • Menambah pemasukan.

  • Melakukan investasi, seperti melalui saham atau obligasi.

  • Mendaftarkan diri untuk asuransi.

Kini telah hadir Asuransi Ciputra Target Dana yang siap untuk Amankan Dana Pensiun Anda s/d 1 Miliar atau sesuai kebutuhan Anda dengan bayar premi cukup 5 Tahun saja. Selain itu, Anda juga bisa bebas menentukan berapa lama masa asuransi atau kapan dana pensiun itu bisa diterima.

Fleksibel sekali, bukan? Untuk info selengkapnya, Anda bisa melakukan simulasi premi disini sekarang juga!