Editorial
31 March 2022

3 Penyakit Pria Usia 40 Tahun yang Harus Diwaspadai




Semakin bertambahnya usia, kamu harus mulai menyadari risiko munculnya penyakit pria usia 40 tahun. Harapannya dengan mengetahuinya, kamu bisa mulai mempersiapkan diri dan mengubah pola hidup agar lebih sehat.

Karena bagaimanapun juga, pola hidup sehat semasa muda, adalah kunci sehat di usia tua. Selain itu dengan memahami penyakitnya, kamu juga bisa tahu bagaimana penanganan, pengobatan, serta cara menanganinya dengan baik.

3 Penyakit Pria Usia 40-an yang Harus Kamu Waspadai

Setiap orang tentu ingin sehat, tetapi seiring bertambahnya usia, kekebalan tubuh mulai melemah. Kesehatan pria usia 40 tahun umumnya akan mulai melemah, sehingga rentan terkena penyakit jantung, kanker paru, dan kanker kolorektal.

Berikut penjelasan lengkapnya tentang 3 penyakit tersebut dan cara menghindari atau mengatasinya.

 

1. Sakit Jantung Koroner (Coronary Heart)

Jantung Koroner

Penyakit jantung koroner sejatinya terjadi karena adanya penyempitan pembuluh darah di sekitar jantung. Efeknya, peredaran darah tak lancar dan badan mengalami gangguan, seperti sesak, nyeri pada area dada, atau keringat dingin.

Penyebabnya beragam, mulai dari obesitas, merokok, tekanan darah tinggi, atau faktor usia. Supaya terhindar dari risiko penyakit ini, mulai stop merokok dan jaga pola hidup sehat. 

 

2. Kanker Paru-paru (Lung Cancer)

Kanker Paru

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Penyakit di usia 40 tahun ini memiliki tanda adanya sel-sel yang berkembang terlalu ganas, sehingga mengganggu fungsi paru – paru. Penderita biasanya mengalami gejala sakit pada bagian dada, batuk darah, atau sesak nafas.

Penyebabnya beragam, tetapi paling sering terjadi karena paparan zat kimia dalam rokok. Sehingga langkah terbaik untuk menghindarinya adalah berhenti merokok atau jauhi perokok aktif.

 

3. Kanker Kolorektal (Corolectal Cancer)

Kanker Usus

 

Apabila sel kanker berkembang pada jaringan usus, maka itu adalah kanker kolorektal. Penyebabnya masih belum pasti, tetapi pola makan dan pola hidup jadi faktor utama terkena kanker satu ini.

Karena itu pola makan sehat harus senantiasa terjaga sejak usia muda hingga usia tua. Rekomendasi makanan yang harus dihindari di usia 40 tahun adalah lemak dan makanan cepat saji. Perbanyak biji-bijian, sayur, atau buah.

 

Selain menjaga pola hidup dan asupan nutrisi sejak muda, kamu juga harus mempertimbangkan finansial untuk pengobatan ketika usia mencapai 40 tahun nanti. Salah satunya adalah dengan mulai menyisihkan sebagian pendapatan pada asuransi kesehatan.

Tujuannya adalah ketika risiko penyakit pria usia 40 tahun muncul, kamu bisa ditangani lebih cepat, sehingga peluang sembuh lebih tinggi dan finansial tetap aman. Pastikan kamu terlindungi dengan perlindungan kesehatan dari Ciputra Life!