Editorial
21 November 2017

Ini Informasi yang Harus Kamu Cari Tahu sebelum Daftar Asuransi Kesehatan




Memilih membuat asuransi bukanlah sebuah perkara yang mudah. Mengingat begitu banyak hal yang harus dipertimbangkan sering kali memunculkan pertanyaan atau permintaan untuk meminta panduan untuk menemukan jenis asuransi kesehatan yang paling tepat untuk dirinya dan keluarga. Tak jarang seseorang bingung mana yang harus mereka pilih, apakah asuransi kesehatan dari tempat kerja atau membelinya sendiri.

Asuransi menjadi sesuatu hal yang penting, karena jika tidak maka kemungkinan besar kamu tidak memiliki akses ke banyak layanan ketika mengalami keadaan darurat. Lalu, kira-kira apa saja yang harus dipertimbangkan sebelum kamu mendaftarkan diri ke asuransi kesehatan? Berikut penjelasannya.

Apakah mencakup biaya dokter

Berbicara soal asuransi, jauhkan dulu pertanyaan mengenai asuransi kesehatan jaminan premi kembali 110%. Langkah pertama yang sebaiknya kamu pastikan sebelum mendaftar adalah menanyakan apakah asuransi yang akan kamu pilih sudah bisa mencakupi biaya dokter saat ini dan nanti. Pastikan juga apakah asuransi yang kamu pilih sudah melindungi semua biaya tersebut.

Biasanya ada saja tipe asuransi yang membatasi pembiayaan untuk pemeriksaan bersama dokter pada hal-hal tertentu. Tapi bukan berarti tidak ada asuransi yang tidak menutupi semua biaya pemeriksaan dokter, hanya saja asuransi tipe ini cenderung memiliki harga yang lebih mahal dari asuransi lainnya.

Apakah mencakup biaya obat

Hampir mirip dengan poin sebelumnya, tidak semua asuransi kesehatan yang bersedia untuk menutupi semua biaya obat-obatan. Biasanya hal ini berlaku pada pengobatan tertentu, praktik alternatif, dan biaya pengobatan tambahan lainnya. Meskipun kamu saat ini tidak sedang membutuhkan obat-obatan tersebut, bukan berarti kamu tidak membuthkannya nanti.

Agar lebih mudah, kamu mungkin bisa mulai membuat daftar dari resep obat atau layanan yang mungkin kamu butuhkan nanti sebelum mendaftar asuransi. Daftar ini nantinya akan digunakan untuk memastikan kalau asuransi yang kamu pilih sudah mencakupi semua kebutuhan kamu sehingga nanti tidak perlu mengeluarkan biaya lain meskipun kamu sudah memegang asuransi.

Apakah mencakup biaya medical check-up

Tidak hanya soal obat-obatan dan perawatan dokter, pastikan asuransi yang sudah kamu pilih juga sudah mencakup biaya untuk medical check-up. Ketika kamu mendaftarkan diri ke dalam suatu asuransi, cobalah cari tahu jumlah premi yang akan dibutuhkan. Selanjutnya, tanyakan kepada pihak asuransi apakah kamu akan dikenai pembayaran bersama dan biaya layanan perawatan kesehatan lainnya.

Jangan lupa juga bisa menanyakan apakah asuransi yang kamu pilih tersebut memiliki batasan untuk memilih dokter atau rumah sakit yang diinginkan. Kamu juga bisa meminta daftar nama dokter dan rumah sakit yang di-cover oleh asuransi terpilih untuk memastikan kalau asuransi ini merupakan asuransi yang tepat.

Jaminan premi kembali 110%

Ada beberapa asuransi yang tidak memberikan jaminan premi kembali 100%, tapi tidak ada salahnya pun menanyakan  tentang hal ini. Khusus untuk kamu yang menginginkan jaminan premi kembali 100%, Kamu bisa memilih asuransi milik Ciputra Life. Mengapa? Karena tidak hanya 100%, melalui Ciputra Life Kamu akan mendapatkan asuransi jaminan premi kembali 110% baik dari pergantian biaya harian kamar rawat inap dan meninggal dunia.

Nah, itulah beberapa panduan atau hal yang harus kamu ketahui sebelum Kamu memilih asuransi. Pemilihan asuransi tidak boleh sembarangan, pastikan kamu pun sudah memilih asuransi yang membantu kamu untuk menutupi biaya kebutuhan,  bukan justru membuat kamu mengeluarkan biaya lebih banyak dari sebelumya.

 

Photo credit: pixabay.com