Editorial
28 January 2022

Ketahui Jenis Cokelat yang Baik untuk Kesehatan



Kabar baik: cokelat ternyata memiliki dampak yang baik bagi kesehatan kamu. Namun, kamu perlu memahami bahwa tidak semua cokelat memiliki manfaat ini. Jadi, manakah cokelat yang baik untuk kesehatan?

 

Cokelat yang baik untuk kesehatan adalah coklat yang mengandung minimal 70% biji kakao. Semakin tinggi persentasenya maka akan semakin bergizi coklatnya.

 

Faktanya, cokelat mengandung zat antioksidan level tinggi yang ternyata mampu memberikan manfaat tersendiri bagi tubuh kita. Oleh karena itu, kali ini Ciputra Life akan mengulas sedikit tentang manfaat cokelat.

 

1. Cokelat Dapat Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Kaya akan flavonoid, cokelat bekerja untuk membantu pembuluh darah kamu berelaksasi.  Hasilnya, tubuh akan mengalami peningkatan kolesterol baik yang dapat menjaga kesehatan jantung.

Konsumsi coklat hingga 6 kali dalam seminggu dapat menurunkan risiko masalah jantung atau stroke.

Bahkan beberapa studi juga menyatakan bahwa konsumsi cokelat dalam jumlah yang tepat juga dapat membuat kamu terhindar dari diabetes. 

 

2. Coklat Itu Antiinflamasi 

 

Peradangan dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan, mulai dari sakit kepala hingga nyeri otot dan tendon. Cokelat dapat memberikan efek antiinflamasi.

Oleh karena itu, cokelat ampuh mencegah penyakit dan membuat kamu tetap sehat.

Satu studi menemukan bahwa polifenol kakao memberi manfaat coklasecara positif mengatur komposisi bakteri usus sehingga meningkatkan jumlah bakteri usus yang baik.

 

3. Cokelat Menjaga Kesehatan Mental Kamu

Selain membuat kamu tersenyum saat memakannya, cokelat juga memiliki efek positif pada otak.

Cokelat membantu mengatur hormon serotonin dan dopamin sehingga kamu merasa bahagia saat mengulumnya.

Lebih daripada itu, cokelat dapat meningkatkan fungsi kognitif otak dan ketahanan memori. Jadi, coklat juga dapat digunakan untuk melawan penyakit Alzheimer.

 

4. Coklat Baik untuk Diet Weight Loss

 

Berbeda dari yang pandangan orang, coklat 70% dapat menyukseskan weight loss.

Manfaat cokelat pada lambung adalah memberikan efek kenyang sehingga kamu terhindar dari craving.

Oleh karena itu, riset menunjukkan bahwa 60% orang yang makan cokelat pasti terhindar dari obesitas.

 

Cokelat yang baik untuk kesehatan adalah cokelat yang bebas dari gula berlebihan. Untuk itu, Ciputra Life menyarankan agar kamu selalu membaca nutrition fact sebelum membeli sebatang coklat.