Editorial
08 November 2022

Pahami 5 Tanda dan Gejala Diabetes Sejak Dini



Tanda dan gejala diabetes biasanya dimulai dengan sesuatu yang mengecohkan. Banyak penderita yang tidak menyadarinya. Ini wajar karena kondisi awal bisa dialami banyak orang dengan alasan yang berbeda.

Lalu apa saja tanda dan gejala diabetes usia muda yang perlu Anda pahami?

 

1. Sering Merasa Lapar dan Lelah

tanda-tanda diabetes semakin parah

Tanda dan gejala pertama terkait dengan kondisi tubuh yang mudah lapar dan lelah. Kaitannya adalah dengan jumlah insulin dalam tubuh yang tidak cukup. Padahal sel tubuh memerlukan insulin untuk menyerap gula darah yang nantinya berfungsi sebagai sumber energi. 

Pada akhirnya gula darah tidak terserap dan tubuh kekurangan energi. 

Maka sangat wajar jika Anda merasa cepat lapar karena otak menangkap sinyal bahwa tubuh tidak memiliki energi yang cukup. Sayangnya, ini juga yang menjadi penyebab diabetes semakin parah. Anda jadi tidak bisa mengontrol makanan yang masuk ke tubuh.

 

2. Sering Buang Air Kecil

Menurut Anda berapa kali normalnya orang yang sehat buang air kecil? 

Normalnya antara 4 hingga 7 kali dalam satu hari. Namun, penderita kencing manis akan BAK lebih dari angka normal karena organ ginjal tidak bekerja dengan sempurna. 

Biasanya tubuh akan menyerap kembali gula darah yang melewati ginjal. Tetapi jumlah gula darah yang terlalu tinggi membuat ginjal kewalahan. Pada akhirnya tubuh menghasilkan urin berlebih.

 

3. Mudah Haus

gejala diabetes usia muda

Terkait dengan gejala sebelumnya, bagaimana cara tubuh memproduksi urin lebih banyak? Mekanismenya tubuh membutuhkan cairan lebih banyak agar bisa memproduksi urin.

Hasilnya, otak menangkap sinyal bahwa tubuh kurang cairan sehingga Anda merasa haus terus-menerus. Sayangnya, ini akan menjadi lingkaran setan. Saat Anda minum lebih banyak air, maka semakin sering Anda harus pergi ke kamar mandi untuk BAK.

 

4. Mulut Kering dan Kulit Gatal

Dua bagian tubuh yang menjadi target gejala awal kencing manis adalah mulut dan kulit. Ketika ginjal memproduksi urin terlalu banyak maka artinya anggota tubuh yang lain tidak mendapat cairan yang cukup.

Tubuh mengalami dehidrasi dan memicu mulut terasa kering karena cairannya tidak mencukupi. Selain itu, cairan yang kurang juga berdampak pada kelembaban kulit. Kulit akan terasa lebih kering dan bisa memicu rasa gatal.

 

5. Penglihatan Kabur

penyebab diabetes

Terakhir adalah perubahan pada indera penglihatan. Perubahan tingkat cairan dalam tubuh bisa mempengaruhi lensa mata sehingga membuatnya membengkak. Pada akhirnya mereka berubah bentuk dan tidak dapat fokus.

Waspadai 5 gejala di atas sejak dini dan terapkan pola hidup sehat untuk cegah diabetes. Lindungi juga diri Anda dengan proteksi dari Ciputra Life.