Editorial
18 December 2019

Tips Hindari dan Atasi Migrain



Suka merasa sakit kepala berulang seperti dihantam benda keras pada satu sisi ? Ini biasa disebut dengan migrain. Kondisi migrain terkadang mengharuskan seseorang untuk mengkonsumsi obat agar sakit kepalanya bisa membaik. Padahal migrain dapat dihindari dengan menghindari faktor yang dapat memicu migrain dan diatasi dengan cara yang alami lho! Mau tahu cara menghindari dan mengatasi migrain secara alami? Yuk simak informasinya di bawah ini : 

  1. Konsumsi Makanan Tinggi Magnesium dan Omega-3
    Sobat C’Lifers tahu gak sih? Migrain bisa kambuh ketika seseorang kekurangan zat magnesium dalam tubuhnya. Untuk menghindari migrain kamu bisa mengkonsumsi makanan tinggi magnesium seperti buah pisang dan alpukat, sayur bayam dan brokoli, dan zat gizi omega-3 seperti ikan salmon. 
     
  2. Tidur Cukup
    Migrain bisa kambuh jika seseorang tidak memiliki kualitas tidur yang baik. Pastikan kamu tidur dengan cukup dan nyenyak untuk mencegah migrain. Hindari distraksi seperti bermain ponsel sebelum tidur, coba mendengarkan musik yang tenang, dan mencium wangi aromaterapi bisa membuat tidur lebih berkualitas dan tentunya terhindar dari migrain. 
     
  3. Hindari Konsumsi Kafein 
    Konsumsi kafein dalam jumlah sedikit dan wajar dapat meredakan sakit kepala. Hal ini serupa dengan manfaat dari aspirin atau acetaminophen yang dapat meredakan sakit kepala. Tetapi, konsumsi berlebihan terutama saat migrain justru akan memparah kondisi migrain. Jadi hindari dulu ya kopi, teh, dan cokelat karena makanan tersebut mengandung tiramin (subtansi yang dapat memicu migrain). 
     
  4. Redakan Stress dan Tenangkan Diri 
    Stres juga bisa memicu migrain lho sobat C’Lifers. Kondisi stress dapat memberikan dampak pada otot yang menjadi tegang. Kamu perlu melakukan relaksasi untuk mengurangi strss dan membuat otot menjadi lebih relax. Pastikan dilakukan dengan rutin agar migrain tidak kambuh. 
     
  5. Pijat 
    Kamu bisa melakukan pijatan ringan pada area pelipis dan dahi untuk mengurangi rasa sakit akibat migrain. Jadi coba pijat dahulu sebelum konsumsi obat ya! 
     
  6. Akupuntur 
    Cara lain untuk menghilangkan rasa sakit kepala sebelah bisa dengan melakukan akupuntur. Akupuntur merupakan pengobatan tradisional dengan menggunakan teknik menekan atau menusuk bagian tubuh tententu untuk mengurangi rasa sakit. Dengan berakupuntur, gejala yang biasa muncul saat migrain seperti pusing dan mual akan berangsur membaik. 
     
  7. Antisipasi Membawa Payung Saat Terik 
    Untuk beberapa orang, cuaca yang cenderung panas dan terik dapat memicu kekambuhan migrain. Jadi kalau kamu termasuk di antaranya pastikan untuk membawa payung ya agar kepalamu memiliki perlindungan dari sinar matahari. 

Nah itu dia hal-hal yang bisa dilakukan untuk menghindari dan mengatasi sakit kepala migrain. Semoga bermanfaat! 

 

# Harap berhati-hati dengan penipuan yang mengatasnamakan Ciputra Life.
# PT. Asuransi Ciputra Indonesia terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan