Editorial
29 June 2018

4 Kondisi Saat Hamil yang Menyebalkan dan Bagaimana Mengatasinya



Saat hamil, ada begitu banyak kejutan dan tantangan yang harus Anda hadapi, tak terkecuali soal mood (suasana hati). Akan ada waktunya Anda merasa bad mood dan tidak tenang. Kondisi ini diperparah dengan adanya efek samping kehamilan yang mungkin dialami. Untuk mengatasi efek samping kehamilan yang mengganggu dan meningkatkan mood Anda, ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Berikut informasi lengkapnya!

Morning sickness

Mual dan muntah atau biasa disebut sebagai morning sickness merupakan salah satu efek samping kehamilan paling umum terjadi dan seringkali mempengaruhi mood saat hamil. Untuk mengurangi gejala morning sickness ini Anda dianjurkan untuk beristirahat cukup, makan frekuensi lebih sering tetapi dalam jumlah yang sedikit, menghindari makanan yang berlemak, pedas, asam, serta beraroma kuat. Minuman jahe dipercaya dapat mengatasi morning sickness.

Anda sebaiknya memeriksakan diri ke dokter jika gejala mual muntah ini bertambah berat dan berlangsung terus menerus serta membuat Anda tidak bisa mengkonsumsi makanan karena mungkin Anda menderita hyperemesis gravidarum. 

Sembelit

Pada saat hami terjadi peningkatan kadar hormon progesteron untuk memperkuat janin di dalam rahim. Di sisi lain, hormon ini menghambat gerak peristaltik otot pencernaan sehingga timbul masalah sulit buang air besar atau sembelit.

Jika Anda mengalami sembelit saat hamil, maka Anda perlu mengonsumsi lebih banyak sayuran hijau dan buah-buahan serta perbanyak minum air putih dan jika perlu tambahkan sedikit bubuk serat. Anda juga bisa berolahraga untuk memperlancar sistem pencernaan Anda.

Ambeien atau Wasir

Ukuran rahim yang semakin besar menekan sejumlah pembuluh darah disekitar perut dan pinggul, hal ini membuat aliran darah dari pembuluh balik (vena) dari bagian bawah tubuh menjadi terhambat dan pembuluh balik ini membengkak. Salah satu pembuluh darah yang sering mengalami penekanan adalah pembuluh darah balik (vena) di daerah sekitar anus yang menimbulkan kondisi yang kita kenal sebagai ambeien atau wasir. Kondisi ini menimbulkan rasa gatal dan nyeri, serta tidak nyaman terutama saat duduk.

Ada beberapa cara untuk mencegah dan mengatasi ambeien, diantaranya :

  1. Berendam di air hangat selama 10-15 menit setiap hari (lakukan 2-3 kali sehari)
  2. Cegah sembelit dengan meningkatkan konsumsi air putih dan memperbanyak makan-makanan berserat. Sembelit dapat mencetuskan dan memperberat ambeien. 
  3. Coba senam Kegel. Senam ini dapat meningkatkan aliran darah di daerah sekitar anus sehingga mengurangi kemungkinan terjadinya ambeien. Selain itu, senam ini juga dapat memperkuat dinding perineum untuk membantu pada masa pemulihan setelah melahirkan
  4. Duduklah di atas bantal ‘donat’ sebagai alas untuk lebih mengurangi sakit saat duduk akibat ambeien
  5. Hindari aktivitas duduk terlalu lama karena akan memberikan tekanan pada pembuluh darah anus dan membuatnya terasa sakit
  6. Kompres anus dengan es untuk meredakan bengkak yang terjadi
  7. Berkonsultasi dengan dokter untuk penggunaan salep atau krim untuk meredakan ambeien
  8. Bersihkan area sekitar bokong dan anus dengan tisu basah non-parfum setiap kali setelah buang air besar untuk memastikan kebersihan dan menghindari iritasi

Kulit gatal

Satu lagi efek samping kehamilan yang dapat mempengaruhi mood Anda, rasa gatal pada kulit. Kondisi ini disebabkan oleh perubahan hormon yang Anda alami selama masa kehamilan serta terjadinya peregangan pada kulit. Meskipun tidak berbahaya, efek satu ini pastinya akan membuat Anda tidak nyaman beraktivitas.

Untuk mengatasinya, sebaiknya Anda menggunakan lotion non-parfum untuk menjaga kelembaban kulit Anda. Hindari mandi dengan air panas atau pun beraktivitas luar ruangan saat cuaca terik karena akan membuat gatal semakin parah.

Atasilah efek samping kehamilan untuk meningkatkan mood dan kenyamanan Anda saat hamil. Semoga bermanfaat!