Berita
11 January 2022

5 Contoh Olahraga Ringan di Pagi Hari Paling Efektif




Contoh olahraga ringan di pagi hari banyak jenisnya, ada senam, bersepeda, yoga maupun jalan santai. Menurut Profesor Anthony Hackney dari University of North Carolina Chapel Hill, pada pagi hari kondisi hormon akan membuat metabolisme lemak menjadi lebih baik. Sehingga akan lebih banyak membakar lemak.

 

Untuk itu berikut ini beberapa contoh olahraga pagi yang sehat dan bisa bikin tubuh jadi lebih fit.

1. Senam Aerobik

Senam aerobik adalah serangkaian gerakan berulang yang tujuannya untuk meningkatkan detak jantung dan suplai udara ke paru-paru. Aktivitas ini merupakan contoh olahraga pagi hari di rumah yang dapat membuat kamu lebih fit saat menjalani kegiatan pada hari itu.

 

2. Bersepeda

Bersepeda dengan santai sambil mengelilingi lingkungan sekitar rumah, merupakan pilihan olahraga ringan yang menyenangkan pada saat pagi. Selain tidak melelahkan olahraga ini juga dapat membuat kamu menjadi lebih rileks.

 

3. Olahraga di Tempat

Melakukan lari di tempat, push up, sit up, back up dan squat jump tidak memerlukan tempat terbuka. Kamu dapat melakukannya dalam ruangan yang agak lega agar tidak mengganggu gerakan. Selain itu gerakan dasar ini sangat efektif untuk melatih kelenturan otot maupun sebagai aerobik.

 

4. Jalan Santai

Bagi kamu yang tidak boleh melakukan aktivitas berat, maka jalan santai pada saat pagi merupakan pilihan yang menyenangkan. Selain tidak melelahkan, suasana serta udara pagi yang segar dapat membuat pikiran menjadi lebih santai.

Umumnya orang-orang membakar sekitar 30-40 kalori pada dengan berjalan 1.000 langkah. Agar lebih akurat kamu dapat menggunakan aplikasi pedometer untuk menghitung kalori yang terbakar.

 

5. Senam Yoga

Yoga merupakan contoh olahraga ringan di rumah yang tidak memerlukan tempat luas. Kamu dapat melakukannya pada ruangan dengan sirkulasi udara yang baik. Bagi yang belum terbiasa memang tidak mudah untuk mengawalinya, karena memerlukan kelenturan dan ketahanan otot.

Namun apabila kamu sudah terbiasa melakukan berbagai jenis yoga, manfaatnya akan kamu rasakan. Misalnya untuk menjaga kelenturan maupun daya tahan otot serta meningkatkan vitalitas dan fokus dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

 

 

"Melakukan olahraga ringan dengan rutin pada pagi hari dapat membuat kamu menjadi lebih fit dan fokus dalam menjalani aktivitas harian."

 

Penutup

Dengan mengetahui contoh olahraga ringan di pagi hari, maka kamu dapat melakukannya sendiri maupun bersama keluarga. Agar olahraga menjadi lebih aman dan tenang, gunakan proteksi Kecelakaan Receh dan Kesehatan Receh, asuransi online dari Ciputra Life dengan garansi klaim 24 jam.