Editorial
26 July 2019

6 Langkah Sederhana Untuk Melindungi Lingkungan



Sobat C’lifers tahu gak sih kalau semakin banyaknya manusia di dunia ini akan sangat berpengaruh pada lingkungan. Tuntutan dan perkembangan teknologi yang berkembang pesat ternyata berpengaruh banget lho pada lingkungan. Daripada terus-menerus merusak lingkungan, yuk mulai melindungi lingkungan dari hal sederhana berikut : 

  1. Membawa peralatan portabel 
    Dengan langkah kecil seperti membawa botol minuman, shopping bag, dan sedotan portabel maka secara tidak langsung kamu sudah mengurangi pembelian produk kemasan yang dapat menambah sampah plastik. Sampah plastik dapat menjadi masalah besar bagi kesehatan dan lingkungan lho karena sifatnya yang tidak bisa terurai dalam waktu singkat. Yuk mulai membawa barang portabel untuk mengurangi sampah plastik. 
     
  2. Hindari menggunakan tisu
    Kamu tahu gak sih semakin banyak kamu menggunakan tisu maka semakin banyak pohon yang terbakar? Pembakaran hutan yang massif bisa menyebabkan kerusakan lingkungan yang dampaknya tentu akan dirasakan semua pihak. Jadi mulailah menggunakan handuk sebagai pengganti tisu ya.
     
  3. Matikan listrik jika tidak diperlukan 
    Penggunaan listrik yang berlebih selain dapat menyebabkan global warming atau pemanasan bumi ternyata bisa menyebabkan ketidakmerataan pasokan listrik lho! Gak mau kan listrik yang menjadi energi penting untuk menunjang kehidupan justru tidak dapat diakses oleh sebagian orang. Nah kamu bisa memulai untuk tidak menyalakan lampu di siang hari dan menggunakan ventilasi maupun jendela sebagai sumber udara. Selain menyelamatkan bumi kamu juga bisa menghemat lho!
     
  4. Pilah pilih sampah 
    Bukan hanya membuang sampah pada tempatnya, sekarang sudah saatnya kamu merubah pola pikir untuk memilah jenis sampah sebelum dibuang ke pembuangan sampah. Dengan memilah sampah sebelum dibuang kamu sudah berpartisipasi untuk mempermudah sampah untuk diolah kembali. 
     
  5. Kurangi penggunaan elektronik yang mengandung CFC
    Ada beberapa peralatan elektronik yang mengandung CFC, CFC adalah gas yang memproduksi dan melepaskan radikal klorin. Radikal klorin yang ada dapat merusak lapisan ozon, padahal lapisan ozon merupakan satu-satunya pelindung dan filter dari sinar UV-B yang berbahaya. Beberapa barang elektronik seperti kulkas, AC, bahan kosmetik, dan solvent menjadi penyumbang emisi CFC nih. Jadi kamu bisa mengurangi intensitas penggunaan elektronik tersebut untuk sayangi bumi ya.   
     
  6. Beralih ke transportasi umum 
    Bukan hanya gas CFC, emisi dari kendaraan bermotor juga akan berpengaruh lho untuk lingkungan sekitar kamu. Kamu bisa turut berkontribusi dalam pengurangan emisi kendaraan bermotor dengan cara menggunakan transportasi umum. Selain hemat kamu juga sudah berkontribusi mengurangi emisi dari asap kendaraan lho! 


Wah gimana sobat C’Lifers? Walau terlihat sederhana namun kenyataannya masih banyak yang belum menerapkannya. Yuk mulai dari langkah kecil untuk hasil yang besar. 

 

# Harap berhati-hati dengan penipuan yang mengatasnamakan Ciputra Life
# PT. Asuransi Ciputra Indonesia terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan