Editorial
13 May 2019

Bipolar, Gangguan Otak atau Gangguan Mental?



Suasana hati memang terkadang tidak dapat ditebak ya. Sedih, senang, terharu, kesal, dan amarah pasti pernah kamu rasain ya sobat C’Lifers. Tapi kamu tahu nggak sih kalau kamu sering mengalami perubahan mood yang terus berubah-ubah bisa jadi alami gangguan bipolar?

Daripada berasumsi, yuk cek faktanya berikut :

Gangguan Bipolar

Gangguan bipolar merupakan gangguan otak yang menyebabkan mood seseorang dapat berubah-ubah. Gangguan ini ditandai dengan adanya suasana bahagia dan depresi yang muncul secara bergantian. Seseorang dengan gangguan bipolar bisa menunjukan perasaan yang gembira, bersemangat, dan percaya diri. Namun, ketika depresi, mereka akan terlihat tidak bersemangat, pesimis, dan sedih. Gangguan ini memiliki tingkatan di setiap penderitanya.

 

Jenis Bipolar

1. Gangguan bipolar I
Perubahan mood pada jenis ini memakan waktu paling sebentar 1 minggu bahkan dapat menimbulkan halusinasi atau delusi. Gangguan bipolar ini dapat dilihat di usia sekitar 18 tahun lho sobat C’Lifers.

2. Gangguan bipolar II
Gangguan bipolar II memiliki tingkatan yang lebih ringan daripada gangguan bipolar I dengan durasi sekitar 4 hari lamanya.

3. Gangguan bipolar campuran
Bagi penderitanya, jenis bipolar ini tentu sangat menyakitkan karena penderita akan mengalami perubahan campuran antara gembira dan tertekan dalam satu waktu. Jenis bipolar yang satu ini sering kali membuat penderitanya gelisah dan mempunyai pikiran untuk bunuh diri. Wah kayaknya menyakitkan sekali ya sobat C’Lifers.

4. Gangguan bipolar cepat
Gangguan bipolar jenis ini sering terjadi pada penderitanya dalam 1 tahun terakhir. Perubahan mood depresi dan rasa senang terus bergantian dalam periode tersebut. Biasanya suasana hati seperti ini disebabkan karena pengobatan yang kurang efektif.

5. Siklotimia
Orang dewasa yang sering mengalami depresi dalam periode waktu yang cukup lama dengan gejala suasana hati bahagia dan depresi secara bergantian biasanya masuk dalam kategori jenis bipolar satu ini.

 

Penyebab Bipolar

Gangguan ini dapat disebabkan oleh banyak hal atau multi faktor. Orang yang memiliki hubungan kembar identik punya kesempatan besar untuk terkena gangguan ini lho. Adanya struktur otak yang tidak seharusnya juga bisa menjadi penyebab dari gangguan ini. Selain itu kondisi stress, penyalahgunaan obat, dan pengaruh lingkungan juga memiliki peran dalam perkembangan gangguan ini.

 

Gejala Bipolar

Ada beberapa gejala bipolar antara lain :

  • Suasana hati yang euforia
  • Hiperaktif
  • Percaya diri dari biasanya
  • Lebih banyak bicara dibanding sebelumnya
  • Menjadi galak
  • Pesimis dan berpikiran buruk sehingga mengarah pada perilaku yang berbahaya
  • Perubahan pola makan dan tidur
  • Retardasi

 

Pengobatan Bipolar

Pengobatan gangguan otak ini biasanya menggunakan cara farmakoterapi atau penggunaan obat seperti antipsikotik, obat mood stabilazer, dan antidepresan. Tapi perlu diingat pengggunaan obat-obatan ini perlu diawasi oleh dokter ahli di bidangnya.

 

Dari artikel di atas, menurut kamu bipolar termasuk masalah gangguan jiwa atau otak nih C’Lifers? Beberapa studi menyebutkan bipolar merupakan gangguan otak yang dapat berpengaruh pada kondisi mental seseorang. Jadi bipolar itu bisa gangguan mental atau gangguan otak.

 

 

# Harap berhati-hati dengan penipuan yang mengatasnamakan Ciputra Life
# PT. Asuransi Ciputra Indonesia terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan