Editorial
10 December 2021

Cara Memulai Hidup Sehat Dalam 6 Langkah Mudah



Cara memulai hidup sehat tidaklah sulit apabila kamu memiliki keinginan dan tekad untuk melakukannya. Tetapi agar pelaksanaannya lebih mudah, sebelumnya pahami terlebih dahulu apa saja yang perlu kamu lakukan untuk mencapai tujuan tersebut.

Berikut ini uraian mengenai tips bagaimana cara memulai hidup sehat dengan demikian kamu dapat melakukannya dengan mudah.

Cara Hidup Sehat Sederhana

Kamu dapat membuat langkah-langkah sederhana yang akan membantumu dalam mencapai sasaran. Selain itu kamu juga dapat menggunakan tips atau langkah berikut ini.

1. Tanamkan niat, usaha dan tekad.

Sebelum memulai perubahan gaya hidup, renungkan dahulu apakah memang kamu benar-benar ingin dan siap untuk menjalani hidup sehat? Kalau kamu belum siap, perubahan yang ada tidak akan berjalan lama. Tanpa adanya niat, usaha dan tekad, harapan hidup sehat sulit untuk terlaksana. Kalaupun dipaksakan nantinya tidak dapat mencapai hasil yang kamu harapkan.

2. Rombak pola makan.

Apabila kamu ingin dan siap, cara untuk memulai hidup sehat dapat kamu awali dari merombak pola makan. Karena pola makan sangat berpengaruh pada kondisi kesehatan fisik kamu. Selain itu jauhi makanan dan minuman yang tidak sehat maupun jadwal makan yang tidak teratur.

3. Perbaiki pola tidur.

Tubuh manusia perlu tidur untuk melakukan pemulihan. Setidaknya fisik perlu 6-8 jam tidur dalam sehari. Tidur yang berkualitas sangat penting peranannya dalam kehidupan. Sehingga kamu perlu menyesuaikan pola tidurmu agar memenuhi jam minimal tidur.

4. Aktivitas Fisik Seimbang.

Saat olahraga tubuh akan menghasilkan endorphin hormon yang mempengaruhi rasa bahagia, sehingga dapat membuat kamu menjadi lebih fit dan bersemangat. Tubuh orang dewasa membutuhkan aktivitas fisik sedang 150 menit seminggu atau setara 75 menit latihan fisik intens.

5. Selalu bersyukur.

Menjalani hidup teratur dengan ikhlas dan bersyukur, akan menjauhkan kamu dari stress. Menurut sebuah penelitian di Malaysia, stress dapat menurunkan sistem imun. Bahkan Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Amerika Serikat (CDC) menemukan stress dapat meningkatkan risiko sakit jantung.

6. Cek kesehatan rutin.

Selain melakukan tips tadi, kamu juga perlu melakukan pemeriksaan kesehatan dengan rutin. Agar setiap adanya gangguan fisik maupun penyakit dapat ditangani dengan cepat dan baik.

 

"Mempertahankan pola hidup sehat lebih sulit daripada memulainya, apabila tidak didasari dengan niat, usaha dan tekad untuk menjalani hidup dengan baik."

 

Setelah memahami cara memulai hidup sehat, kamu dapat membuat jadwal aktivitas sehari-hari agar mudah mengevaluasi pelaksanaannya. Lengkapi juga usaha hidup sehatmu dengan berbagai macam proteksi dari resiko lainnya dengan asuransi Ciputra Life dan wujudkan masa depan yang lebih baik untuk kamu dan keluarga.