Editorial
03 May 2019

Ketahui, Manfaat Puasa untuk Tubuh Kamu!



Ramadhan Tiba, Ramadhan Tiba, Tiba-Tiba Ramadhan…..Tiba-Tiba Ramadhan

Hayo siapa yang jadi ikutan nyanyi? Wah sobat C’Lifers nggak terasa ya kalau sebentar lagi seluruh umat Islam di seluruh dunia akan melaksanakan ibadah puasa yang dilakukan satu bulan penuh lamanya. Mari sambut bulan suci ini dengan persiapan yang baik ya supaya puasanya lancar. Tapi kamu tahu nggak sih kalau puasa itu memberikan banyak manfaat. Yuk simak manfaat puasa di bawah ini!

 

1. Meningkatkan kemampuan otak
Dengan berpuasa, otak dapat meningkatkan neutropik yang memproduksi sel-sel otak lebih banyak sehingga fungsi otak dapat berfungsi maksimal. Selain itu, dengan berpuasa tubuh akan menurunkan kadar hormon kortisol yang dapat menurunkan rasa stress.

2. Menjaga kesehatan jantung
Kalian tahu nggak dengan berpuasa kadar kolesterol dalam tubuh akan berkurang lho. Selain itu, kadar HDL atau kolesterol baik akan meningkat sedangkan kolesterol jahat atau LDL akan menurun. Hal ini bagus untuk kesehatan jantung kamu lho!

3. Menjaga berat badan
Berat badan yang berlebihan sebenarnya terjadi ketika jumlah kalori yang didapatkan lebih banyak dibandingkan dengan pengeluaran kalori tubuh. Dengan puasa biasanya kamu bisa mengkontrol jumlah makanan yang masuk sehingga kalori yang kamu dapatkan tidak terlalu banyak. Inilah yang dapat membuat badan kamu terjaga bahkan turun. Cocok nih buat kamu yang kelebihan berat badan, selain dapat pahala kamu juga bisa menjaga berat badanmu.

4. Mendetoks dan mengistirahatkan kerja organ
Selama puasa, kamu dapat mengeluarkan racun di tubuh kamu lho. Sistem pencernaan kamu akan terdetoks karena tubuh menggunakan cadangan lemak untuk energi selama berpuasa yang nantinya cadangan lemak akan membakar racun tubuh. Selain itu organ-oragan tubuh penting dalam tubuh juga dapat beristirahat dan tidak bekerja keras karena tidak mengolah dan memproses makanan.

5. Mengurangi risiko diabetes
Terdapat studi yang menyatakan bahwa gula darah puasa dan gula darah sewaktu pada pasien diabetes tipe 2 berkurang selama bulan puasa. Dengan berpuasa, gula darah seseorang dapat terkendali dengan baik sehingga dapat mencegah diabetes.

6. Mencegah penuaan dan memperpanjang usia
Berpuasa atau mengurangi asupan kalori sering dijadikan sebagai intervensi untuk mengurangi penuaan dan memperpanjang umur lho. Hal ini karena dengan mengurangi kalori dapat meningkatkan antioksidan, mengurangi inflamasi, dan menjaga keseimbangan sel sehingga membuat seseorang terbebas dari aging dan juga dapat membuat harapan hidup menjadi lebih tinggi.

7. Meningkatkan imunitas
Dari penjelasan di atas, kalian sudah tahu kan kalau puasa dapat menurunkan kadar gula darah seseorang. Tingginya gula darah puasa seseorang berbanding terbalik dengan jumlah leukosit dalam tubuh. Jadi dengan kadar gula darah puasa yang rendah, maka leukosit dalam tubuh semakin banyak sehingga dapat meningkatkan imunitas tubuh untuk melawan virus dan bakteri.

8. Mengurangi alergi
Berpuasa melatih kamu untuk menahan diri dari konsumsi makanan berlebih. Hal inilah yang membuat kamu terhindar dari alergan makanan yang dapat memicu alergi kamu.

9. Baik untuk kesehatan ginjal
Ginjal adalah salah satu organ yang penting bagi manusia. Ginjal mempunyai fungsi untuk menyaring zat sisa makanan dan minuman yang dikonsumsi. Dengan berpuasa, ginjal tidak bekerja dengan keras untuk mengolah zat-zat sisa yang diproduksi tubuh. Namun, sangat disarankan meminum cukup air putih saat berbuka dan sahur untuk agar menghindari dehidrasi kronis dan mencegah urin yang pekat.

10. Mencegah tekanan darah tinggi
Untuk pengobatan hipertensi atau tekanan darah tinggi dilakukan dua penanganan yaitu farmakologis dengan obat-obatan dan non-farmakologis dengan pola gaya hidup. Puasa dapat dijadikan penanganan non-farmakologis yang efektif untuk menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik secara signifikan karena efek kerja ginjal yang tidak terlalu keras membuat arteri lebih elastis dan menyebabkan tekanan darah menjadi normal dan menurun.

 

Wah banyak ya manfaat kesehatan yang bisa kamu dapatkan dari berpuasa. Di samping memberikan efek kesehatan, kamu juga bisa melatih diri kamu untuk bersabar, menahan hawa nafsu, dan mengubah gaya hidup yang kurang sehat.

Puasa memang menjadi ajang yang tepat untuk membuat diri kamu menjadi sehat. Untuk proteksi kesehatan serahkan pada Ciputra Life dengan klaim yang mudah, cepat, dan sesuai kebutuhan kamu. Jamin kesehatanmu sekarang, rasakan manfaatnya kemudian.

 

# Harap berhati-hati dengan penipuan yang mengatasnamakan Ciputra Life
# PT. Asuransi Ciputra Indonesia terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan



Artikel Terkait