Editorial
30 November 2019

Lapar Mulu? Ini Beberapa Alasannya!



Rasa lapar sebenarnya adalah hal yang alami terjadi pada seseorang. Biasanya rasa lapar akan muncul 3-4 jam setelah makan atau saat kondisi perut kosong. Tapi ada beberapa kejadian dimana seseorang akan merasa lapar terus-menerus. Nah kali ini Ciputra Life akan membahas beberapa alasan kenapa orang sering lapar walau makan dengn cukup. Penasaran? Stay tune guys!
 

  1. Konsumsi Zat Gizi Karbohidrat Olahan, Namun Kurang Mengkonsumsi Protein
    Jenis karbohidrat olahan seperti tepung tidak memiliki cukup serat. Hal ini membuat tubuh mencernanya dengan cepat sehingga tubuh sering merasa lapar. Berbeda dengan karbohidrat olahan, untuk menahan rasa lapar yang terus-menerus kamu perlu menambah asupan zat gizi protein karena protein dapat mengurangi rasa lapar dan otomatis membuat kamu menjadi lebih sedikit konsumsi zat gizi karbohidrat. 
     
  2. Dehidrasi
    Kamu sering merasa lapar terus-menerus? Bisa jadi kamu dehidrasi! Kalau kamu merasa lapar walaupun sudah merasa cukup makan sebaiknya kamu meminum segelas air putih terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk makan kembali karena bisa jadi tubuh kamu tidak bisa mengirimkan sinyal ke otak bahwa tubuh kamu membutuhkan cairan. Jadi pastikan minum terlebih dahulu dan tunggu hingga 15 menit sebelum memutuskan untuk makan kembali.
     
  3. Terlalu Banyak Berolahraga
    Ketika seseorang melakukan olahraga dengan intensitas yang sering dan waktu yang lama, kalori dalam tubuh akan terbakar. Kondisi inilah yang dapat menghabiskan energi tubuh dan meningkatkan metabolisme sehingga untuk beberapa orang akan merasa lapar sehabis berolahraga.  
     
  4. Tidak Tidur dengan Cukup
    Sering begadang untuk jelajah sosial media atau mikirin si dia? Wah ternyata kebiasaan ini bisa membuat nafsu makan meningkat drastis lho! Hal ini terjadi karena adanya perubahan fungsi otak karena peningkatan hormon ghrelin atau hormon yang membuat nafsu makan bertambah. Wah ternyata kurang tidur bisa membuat nafsu makan meningkat. Bisa gagal deh rencana diet kamu. 
     
  5. Kondisi Stres dan Kondisi Hamil 
    Ada beberapa kondisi yang bisa membuat kamu sering merasa lapar terus-menerus diantaranya adalah kondisi stres dan hamil. Saat kondisi stres, tubuh menghasilkan hormon kortisol. Hormon ini bisa memicu keinginan makan yang besar. Sedangkan saat hamil, biasanya tubuh akan mengirimkan sinyal untuk memastikan bayi yang dikandung mendapatkan nutrisi yang cukup. Hal ini yang membuat nafsu makan pada ibu hamil juga meningkat. 
     
  6. Konsumsi Soda dan Alkohol Berlebih 
    Memerhatikan asupan makanan yang dikonsumsi setiap harinya bisa jadi cara tepat untuk menghindari rasa lapar yang terus-menerus. Karena, konsumsi soda dan alkohol dapat meningkatkan rasa lapar. Hal ini terjadi karena meminum alkohol berlebih dapat menurunkan hormon leptin atau hormon yang menghambat rasa lapar. Begitupun dengan konsumsi soda, gula palsu yang terkandung dalam soda tidak dapat dijadikan sebagai bahan bakar untuk membakar kalori sehingga terkadang otak akan mengaktifkan kembali rasa lapar pada tubuh. 


Nah itu dia beberapa alasan kenapa kamu bisa merasakan lapar walaupun sudah makan dengan cukup. Kamu bisa menghindari beberapa kebiasaan dan aktivitas di atas agar tidak merasa lapar terus. Selamat mencoba! 

 

 

#Harap berhati-hati dengan penipuan yang mengatasnamakan Ciputra Life 
#PT. Asuransi Ciputra Indonesia terdaftar dan diaawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan