Editorial
21 March 2020

Tips Berada di Sekitar Anak dengan Down Syndrome



Down Syndrome adalah gangguan berkaitan dengan tidak sempurnanya pembelahan kromosom di tubuh anak. Data dari World Health Organization memperkirakan ada sebanyak 8 juta anak dengan Down Syndrome di dunia. Sebagai orang tua, tentu ada rasa cemas tentang masa depan sang anak. Tetapi, setiap anak punya keistimewaan mereka sendiri. Kita yang berada di sekeliling mereka pun memiliki peranan penting agar anak dengan Down Syndrome dapat beradaptasi dengan lingkungannya. Simak tipsnya!

  1. Pastikan anak mendapat dukungan terbaik dari orang tua dan lingkungan sekitarnya.

Keterlambatan perkembangan yang dialami anak dengan Down Syndrome menyebabkan anak mengalami gangguan perilaku, seperti lebih sulit diatur dan lebih hiperaktif. Kesabaran dalam menerapkan aturan-aturan kecil dalam hidup anak dapat dilakukan oleh orang tua dan orang di sekitarnya.

  1. Berhati-hati menghadapi temperamen anak yang mudah berubah-ubah

Temperamen anak dengan Down Syndrome memang lebih sulit untuk dihadapi karena keterlambatan perkembangan daya kerja otak. Mintalah bantuan dari ahlinya agar membuatkan anda program pengaturan perilaku anak.

  1. Menjadi orang tua yang selalu berpikir positif

Jadikanlah kondisi anak sebagai sarana untuk mempererat ikatan hubungan dalam keluarga. Sikap saling mendukung juga akan menghindarkan orangtua dari aura negatif dalam membesarkan anak dengan Down Syndrome.

  1. Bantuan training untuk meningkatkan fungsi otot dalam tubuh anak dengan Down Syndrome

Training untuk meningkatkan fungsi otot bisa jadi pilihan untuk memudahkan mobilisasi anak sehari-hari karena anak terlahir dengan fungsi otot yang lemah.

  1. Anak dengan Down Syndrome bisa menjadi sosok yang menyenangkan

Biasanya, anak dengan Down Syndrome dikenal dengan sosok yang mudah senyum dan lebih mudah bersosialisasi dengan segala keterbatasannya. Sebaiknya, orang di sekitarnya juga memiliki respon yang sama ketika berinteraksi dengan anak dengan Down Syndrome.

Seperti halnya anak-anak lain, anak dengan Down Syndrome juga membutuhkan kasih sayang dan perhatian. Hanya saja, mereka membutuhkan porsi yang ‘sedikit lebih’ dari anak-anak lain.

Selamat memperingati Hari Down Syndrome Sedunia!

 

Sudah sepatutnya orang tua memberikan perlindungan dan kasih sayang kepada anak-anaknya. Berikan juga perlindungan asuransi dari Ciputra Life agar kamu dapat menyiapkan masa depan sang anak dengan lebih baik.

 

Sumber tulisan: pijarpsikologi.org

 

# Harap berhati-hati dengan penipuan yang mengatasnamakan Ciputra Life
# PT. Asuransi Ciputra Indonesia terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan