Editorial
24 October 2018

Waspada! Inilah 6 Penyakit Gara-gara Bulu Kucing



Kamu suka memelihara kucing di dalam rumah?
Tahukah kamu kalau di bulu kucing itu bisa terdapat bakteri? 


( sumber gambar: images.ctfassets.ne/)

 

Kucing merupakan salah satu binatang peliharaan yang banyak digemari dan diminati semua orang karena keramahan dan kelucuannya. Tetapi, kucing yang lincah dan suka bermain ini ternyata bisa membawa berbagai bibit penyakit lho, karena kurangnya pengawasan dan ia selalu bermain di tempat yang kotor. Bayangkan, di antara bulunya bisa dihinggapi oleh berbagai macam parasit dan bakteri yang bisa menularkan penyakit ke manusia. Uh, serem juga ya.

 

( sumber gambar : thefix.com ) 

 

Inilah 6 macam penyakit yang bisa disebabkan oleh bulu kucing dan patut diwaspadai:

1. Penyakit Cacar Kucing ( Cat Scratch Disease)

Penyakit cacar kucing ini dikarenakan bakteri Bartonella Henselae yang berpindah ke kulit manusia lewat gigitan atau cakaran kucing. Tapi, apakah cuma karena cakaran kucing saja? Enggak, karena bulu kucing bisa membawa bakteri itu ketika kita mengelus bulunya lalu kamu secara enggak sengaja memegang atau menyeka matamu dengan tangan yang baru saja digunakan untuk mengelus kucing.

 

2. Tokso

Penyakit yang satu ini bukan disebabkan oleh bulu kucing lho, tapi dari parasit toksoplasma gondii. Parasit ini berkembang biak terutama di dalam usus halus hewan berdarah panas dan menghasilkan ookista yang berbentuk seperti telur. Telur inilah yang kemudian akan menetas dan hidup dalam binatang dan manusia yang tertular.

 

3. Ringworm

Ringworm ini biasa kita kenal dengan nama kurap, dan merupakan penyakit infeksi yang juga ditularkan lewat bulu kucing, mungkin hampir sama seperti penyakit cakar kucing di atas. Ciri-ciri kurap ini seperti lingkaran kecil pada kulit yang gatal, berwarna coklat dan bersisik. Pastinya penyakit ini enggak nyaman banget dan mengganggu aktivitasmu.

 

4. Asma

Kamu pasti familiar kan dengan penyakit ini? Asma merupakan salah satu penyakit yang bisa disebabkan karena bulu kucing juga. Hal ini perlu kamu perhatikan, karena penyakit asma ini bisa menurun ke anak. Tapi kamu nggak usah kuatir, sekarang ini gejala asma yang diakibatkan oleh bulu kucing bisa dideteksi dan disembuhkan dengan cepat.

 

5. Bahaya bagi Ibu Hamil

Nah, bagi ibu yang sedang hamil, disarankan untuk menjauhi kucing (terutama bulu-bulunya) karena penyakit tokso dari parasit yang dibawa oleh bulu kucing bisa menyebabkan cacat untuk bayi lahir dan rentan mengalami keguguran. Duh, bahaya sekali ya?

 

6. Infeksi Bagian Dalam

Bulu kucing bisa menyebabkan infeksi ringan dan beberapa penyakit memang tidak terlihat secara fisik. Tapi, tetap saja harus kamu dihindari, contoh infeksinya seperti Hidrosefalus, demam, penyakit kuning hingga pembesaran hati yang bisa menjadi penyakit berbahaya.

 

( sumber gambar: statik.tempo.com )

 

Setelah mengetahui 6 penyakit di atas, pastikan dirimu untuk selalu mencuci tangan setelah memegang kucing. Kemudian jagalah kebersihan tempat makanan dan tempat tinggal kucing supaya lebih higienis.

Hayo lebih rajin lagi merawat kebersihan kucing peliharaanmu agar si imut ini terhindar dari berbagai macam penyakit yang mungkin nantinya akan menular ke tubuh kamu. Pastikan agar kamu menjaga kebersihan tubuh dan sudah terlindungi dengan asuransi Citra Proteksi Kesehatan dari Ciputra Life, yang akan memberikan rawat inap jutaan rupiah jika memang perlu dirawat di Rumah Sakit. Cukup buka situs CiputraLife.com dan langsung daftar, tinggal klik-klik aja, nggak pake ribet.  Lihat lebih jelasnya mengenai produk asuransi Citra Proteksi Kesehatan di situs CiputraLife.com.

 

# PT. Asuransi Ciputra Indonesia terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan