Editorial
27 June 2022

3 Peran Orang Tua dalam Pendidikan Anak



Sebuah penelitian dari NCPIE menyebutkan bahwa peran orang tua dalam pendidikan anak sebenarnya sangat esensial. Lebih daripada itu, orang tua yang terlibat penuh dalam pendidikan anak terbukti bertumbuh dengan lebih baik terlepas dari pendapatan dan latar belakang orang tuanya.

Jadi, apa saja peran orang tua dalam mendidik anak? CLifers dapat menyimak artikel berikut ini!

1. Peran Orang Tua dalam Kehidupan Sekolah Anak

peran orang tua dalam mendidik anak

Peran orang tua terhadap anak dapat dimulai dari memperhatikan kegiatan sekolahnya. Jadi, bagaimana Kamu dapat melakukannya?

  • Pertama-tama, mulailah dengan mengajak anak menyukai sekolah. Kamu dapat melakukannya dengan mengajak anak berbagi pengalaman mereka dan pengalaman kamu saat bersekolah.
  • Selanjutnya, pastikan kamu hadir di sekolah saat memungkinkan. Kamu dapat mengantar jemput anak maupun memastikan kehadiran saat ada undangan sekolah.
  • Terakhir, perhatikanlah tugas sekolah anak. Bantu mereka saat kesulitan dan berikan perhatian terhadap keberhasilan maupun kegagalan mereka.

 

2. Peran Orang Tua di Rumah

peran orang tua terhadap anak

Peranan keluarga dalam perkembangan anak berawal dari rumah. Dalam artian, saat orang tua berusaha mendidik anak di rumahnya maka anak juga akan bertumbuh dengan lebih baik. Jadi, apa saja yang dapat kamu lakukan?

  • Pertama-tama, kamu dapat mendidik anak menjadi mandiri sesuai dengan umurnya. Mulailah dengan membagi tugas rumah tangga kepada anak menurut kemampuan mereka.
  • Selanjutnya, latihlah anak untuk berkomunikasi secara positif. Ajarkan kepada mereka bagaimana menyampaikan pendapat dan emosi mereka dengan baik.
  • Terakhir, berikan contoh yang baik. Meskipun terkadang sulit, Kamu harus menjadi role model bagi anak.

 

3. Peran Orang Tua dalam Mempersiapkan Biaya Pendidikan Anak

peranan keluarga dalam perkembangan anak

Pendidikan anak tentu saja harus menjadi perhatian utama CLifers sebagai orang tua. Terlebih lagi, biaya pendidikan yang lengkap bagi anak tentu tidaklah murah. Oleh karena itu, orang tua harus mempersiapkan dana pendidikan sejak dini.

Peran orang tua dalam pendidikan anak tidak hanya terbatas pada dukungan emosional saja. Namun, kamu juga harus mempersiapkan jaminan finansial yang nantinya dapat memenuhi biaya pendidikan mereka. Salah satunya adalah dengan Citra Proteksi Kesehatan Anak. Lebih dari sekedar memberikan perlindungan kesehatan, asuransi ini juga membantumu dalam menyiapkan dana bekal masa depan anak dengan premi kembali s.d 110%. Biaya preminya cukup terjangkau mulai dari Rp140 ribuan! Jadi, tidak ada lagi alasan untuk tidak melindunginya ya CLifers!