Editorial
09 May 2023

3 Tanda Serangan Jantung Ini Harus Anda Waspadai



3 Tanda Serangan Jantung Ini Harus Anda Waspadai

https://asuransibeasiswa.ciputralife.com/?utm_source=ORGA&utm_medium=Caption&utm_id=Awareness

Serangan jantung memang terkesan mendadak, apabila mengalaminya harus segera memperoleh pertolongan medis. Namun sebenarnya tanda serangan jantung bisa CiLifers deteksi lebih dini. Sehingga potensi selamatnya juga lebih besar.

Serangan jantung adalah sebuah kondisi ketika jantung tidak bisa memompa darah secara maksimal, biasanya terjadi karena adanya sumbatan pada pembuluh darah. Pada kasus yang berat, bisa menimbulkan kerusakan pada otot jantungnya serta menimbulkan kematian.

Akan tetapi perawatan sejak dini mampu mencegah munculnya serangan tersebut, bahkan mampu menyelamatkan nyawa penderita. Oleh sebab itu, jangan remehkan tanda sekecil apa saja. Berikut beberapa tanda yang bisa Anda jadikan patokan.

1. Muncul Nyeri atau Perasaan Tak Nyaman di Dada

tanda serangan jantung

Ini gejala awal jantung yang paling sering muncul pada penderita serangan jantung. Sensasi seperti diremas, perih, tertekan kerap kali muncul. Perasaan tersebut biasanya muncul dalam waktu beberapa menit, sebelum akhirnya hilang sendiri.

Namun, sensasi tersebut muncul secara berulang, terlebih lagi ketika posisi sedang beristirahat. Penyebabnya adalah suplai darah dan oksigen berkurang karena ada sumbatan.

 

2. Area Tubuh Bagian Atas (Pundak hingga Leher) Terasa Sakit

serangan jantung berat

Saraf pada jantung juga terhubung pada tubuh bagian atas, seperti pundak, leher, hingga rahang. Ketika fungsinya terganggu, tentu saja sensasi nyerinya juga mampu menjalar ke berbagai area tubuh tadi.

Tingkat sensasi rasa sakitnya berbeda setiap orang. Ada yang mengalami rasa sakit berat, namun ada juga yang ringan. Apabila Anda sering mengalami kondisi ini, terlebih lagi ketika berulang, ada baiknya segera memeriksakan kondisi jantungnya.

 

3. Sering Sesak Nafas hingga Berkeringat

gejala awal jantung

Sesak biasanya muncul bila seseorang beraktivitas terlalu berat. Namun apabila Anda tidak beraktivitas fisik berat tetapi mengalami sesak, wajib waspada. Ini adalah tanda serangan jantung berat.

Terlebih lagi ketika serangan sesak ini menjadi semakin sering terasa atau makin parah. Segeralah datang ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut serta mendapatkan perawatan terbaik.

Persiapan terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah berinvestasi pada kebugaran tubuh. Jangan lewatkan berolahraga rutin, menjaga pola makan, dan istirahat teratur. Selain itu, lengkapi juga perlindungan diri Anda dengan rangkaian proteksi dari Ciputra Life!