Editorial
25 September 2023

4 Cara Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak



4 Cara Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak

 

Mempersiapkan dana pendidikan anak bukanlah hal sulit, meski tidak bisa dibilang gampang juga. Nah, sebagai orang tua, tentu Anda ingin anak bersekolah di tempat terbaik. Sayangnya, kualitas pendidikan yang tinggi sering kali dibarengi dengan biaya yang tidak murah dan cenderung meningkat tiap tahunnya.

Oleh karena itu, Anda memerlukan persiapan matang untuk mengatasi biaya pendidikan yang makin mahal. Cari tahu bagaimana caranya di sini!

1. Kerucutkan Pilihan Sekolah Anak

 

Bagaimana cara menyimpan dana pendidikan yang tepat

Bagaimana cara menyimpan dana pendidikan yang tepat? Ini triknya.

Pertama-tama, persempit pilihan Anda. Pilihlah sekolah yang benar-benar Anda incar dan abaikan yang lain agar Anda bisa fokus. Lalu, buatlah daftar sekolah yang Anda incar, dan buat tabel perbandingan pro dan kontra untuk mengeliminasi pilihan.

2. Lakukan Riset Biaya secara Mendalam

 

dana pendidikan adalah

Setelah mendapatkan daftar sekolah idaman, saatnya Anda survei lapangan untuk mencari tahu biaya sekolah di sana. Anda bisa menemukannya melalui situs resmi sekolah atau mengunjungi langsung sekolah tersebut untuk berkonsultasi. Selanjutnya, mengumpulkan dana pendidikan adalah hal yang perlu Anda lakukan.

3. Jangan Lupakan Inflasi

 

cara menghitung dana pendidikan anak

Cara menghitung dana pendidikan anak adalah dengan mempertimbangkan segala risiko yang bisa menjadi penghambat. Salah satu yang paling mungkin adalah inflasi, yang tentu di masa-masa mendatang akan memengaruhi biaya sekolah anak. Jadi, pastikan Anda menyertakan faktor ini dalam perhitungan Anda.

Sebagai contoh, anggap anak Anda berusia 3 tahun dan akan masuk SD 4 tahun lagi. Saat ini, rata-rata biaya masuk SD adalah 4 juta per tahun dengan inflasi 15% per tahun. Maka, simulasi hitungannya setelah inflasi adalah:

 

Biaya hingga lulus: Biaya per tahun x Durasi sekolah

→ 4,000,000 x 6 = 24,000,000

Inflasi: (% inflasi x biaya per tahun) x Durasi sekolah

→ (15% x 4,000,000) x 6 = 3,600,000

Biaya minimum yang perlu disiapkan: 24,000,000 + 3,600,000 = 27,600,000

 

4. Membuat Asuransi Pendidikan Anak

 

https://asuransibeasiswa.ciputralife.com/?utm_source=BLNK&utm_medium=Artikel&utm_id=Awareness

Masa depan memang tidak bisa diprediksi, tetapi apa yang akan terjadi di masa depan selalu bisa diantisipasi. Dalam situasi terburuk, misalnya orang tua terdiagnosis penyakit kritis, tutup usia, atau terjadi inflasi, asuransi pendidikan bisa membantu menjamin dana pendidikan anak Anda tetap aman.

 

Lantas, apa asuransi pendidikan untuk anak yang bagus? Asuransi Beasiswa Ciputra jawabannya.

#Cukup5Tahun pembayaran premi, Anda sudah bisa jamin dana pendidikan anak hingga perguruan tinggi atau hingga 18 tahun. Bahkan, Anda bisa lakukan simulasi preminya sekarang agar Anda punya gambaran yang lebih jelas. Dengan begini, mempersiapkan dana pendidikan anak akan terasa lebih mudah.