Editorial
09 October 2023

Pentingnya Dana Pensiun untuk Kesejahteraan di Masa Depan



Pentingnya Dana Pensiun untuk Kesejahteraan di Masa Depan

 

Pentingnya dana pensiun mungkin belum terasa di usia muda. Namun, di penghujung usia produktif, manfaat dana pensiun akan makin terasa. Bahkan, punya dana pensiun tidak hanya menguntungkan bagi diri Anda, namun juga orang-orang tercinta.

 

Apa Itu Dana Pensiun?

Pentingnya punya dana pensiun

Sesuai namanya, dana pensiun merupakan sejumlah uang yang diberikan di masa pensiun. Biasanya, uang ini bersumber dari iuran pekerja ditambah uang pemberian perusahaan. Namun, dana pensiun juga bisa berasal dari sumber lainnya, misalnya asuransi jiwa.

Tujuan dana pensiun bermacam-macam, bergantung pada si pemilik dana. Namun, umumnya, dana ini digunakan untuk melanjutkan hidup setelah tidak ada lagi pendapatan yang stabil.

 

Pentingnya Dana Pensiun untuk Kesejahteraan di Masa Depan

Manfaat dana pensiun

Apa manfaat dana pensiun? Manfaatnya banyak sekali. Maka dari itu dana pensiun sangat penting untuk Anda persiapkan. Berikut pentingnya dana pensiun ini untuk kehidupan Anda di masa mendatang.

1. Bisa Menyelesaikan Kewajiban Finansial yang Belum Selesai

Terkadang, keputusan untuk berhutang memang tak terhindarkan, terutama pada aset dengan nilai besar, misalnya rumah. Jika setelah masa pensiun Anda masih memiliki tanggungan, Anda bisa menggunakan dana pensiun untuk melunasinya.

2. Membantu Anda Kembali Produktif

Terkadang, ada saja pensiunan yang tidak betah beristirahat terlalu lama, dan ingin kembali bekerja. Jika Anda salah satunya, Anda bisa menggunakan dana pensiun untuk membuka usaha baru dan kembali ke produktif.

3. Menyediakan Dukungan Finansial untuk Diri Sendiri

Seiring pertambahan usia, berbagai macam penyakit bisa menghampiri, mulai dari yang ringan hingga berat. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan dana pensiun untuk melakukan pengobatan atau perawatan tanpa memberi tanggungan ekstra pada orang-orang terkasih.

4. Bisa Menyokong Orang-orang Terkasih

Meski sudah pensiun, belum tentu orang-orang tercinta sudah tak membutuhkan bantuan dari Anda. Misalnya saja Anda masih memiliki anak yang masih bersekolah dan butuh biaya pendidikan. Nah, dana pensiun bisa Anda gunakan untuk menyokong kebutuhan mereka.

Salah satu cara yang bisa Anda ambil untuk persiapkan dana hari tua adalah dengan memiliki Asuransi Ciputra Target Dana. Anda bisa tentukan sendiri berapa dana yang dibutuhkan untuk hari tua Anda dan bebas pilih waktu pencairan dananya.

Jadi, sudah tahu, kan, betapa pentingnya dana pensiun? Pokoknya, apapun targetnya, amankan dananya cukup 5 tahun dengan Asuransi Ciputra Target Dana. Anda bisa dapatkan Informasi selengkapnya disini!