Editorial
19 June 2019

5 Manner Utama dalam Menggunakan Media Sosial



Di jaman serba digital, tentu internet bukan suatu hal yang asing ya buat kita semua sobat C’Lifers! Hasil survey dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menunjukan kenaikan pengguna internet dari tahun 2016 ke 2017 yaitu dari 132,7 juta hingga 143,26 juta pengguna. Wah berarti banyak banget masyarakat yang terhubung ke jaringan internet ya! 


Kemudahan internet di Indonesia juga dimanfaatkan oleh beberapa kalangan, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Kalau mendengar internet, pastinya tidak asing dengan media sosial bukan? Meluasnya jaringan internet juga berpengaruh nih sama banyaknya pengguna media sosial. 

Nah ngomong-ngomong soal media sosial, kamu wajib nih tahu manner bermain media sosial seperti berikut : 

  1. Jangan termakan dan menyebarkan isu bohong
    Untuk kamu pengguna media sosial, jangan pernah termakan berita bohong atau hoax. Jadi prinsip “think before like and share” perlu banget kamu terapin supaya isu yang tidak benar tidak meluas dan bisa mencegah adanya perpecahan juga lho! 
     
  2. Bijak dalam menggunakan kata saat berkomentar maupun memposting sesuatu 
    Kamu juga perlu hati-hati dalam memilih kata saat memposting maupun berkomentar. Bisa jadi kata yang kamu gunakan mengandung kalimat cacian/makian/pencemaran nama baik. So? Tetap bijak menggunakan kata di negeri hukum ini ya! 
     
  3. Tidak melakukan plagiarisme dari hasil karya orang lain 
    Kalau kamu pecinta gambar yang indah dan seringkali ingin me-repost karya tersebut maka wajib banget kamu untuk mencantumkan nama dari pemilik karya tersebut ya. Jangan sampai kamu mencuri hasil karya orang lain ya. 
     
  4. Memperhatikan waktu dan tempat saat bermain media sosial 
    Menggunakan media sosial memang sangat menyenangkan ya sobat C’Lifers! Tapi kamu juga harus disiplin dalam menggunakannya nih. Jangan sampai karena bermain media sosial kamu jadi lupa waktu dan lupa bersosialisasi di dunia nyata. Gak cuma itu, kamu juga wajib memperhatikan tempat saat menggunakan media sosial. Jangan bermain media sosial di sembarang tempat ya misalnya di jalan raya yang dapat membahayakan keselamatanmu. 
     
  5. Bersifat ramah dan tetap menghargai orang lain 
    Salah satu tujuan dari menggunakan media sosial adalah menjalin komunikasi dan hubungan dengan makhluk sosial lainnya di dunia maya. Jadi kamu wajib banget untuk bersikap ramah saat melakukan percakapan online maupun berbalas komentar ya. 

 

Jangan lupa jaga sikap dan perilaku saat bermain media sosial ya sobat C’Lifers! Tetap ramah dan bijak ya dalam penggunaannya. 

 

# Harap berhati-hati dengan penipuan yang mengatasnamakan Ciputra Life
# PT. Asuransi Ciputra Indonesia terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan