Editorial
29 May 2019

Anemia Zat Besi? Apa Ya?



Siapa diantara sobat C’Lifers yang sering merasa pusing dengan gejala 5L (lemah, letih, lesu, lelah, dan lalai)? Bisa jadi kamu mengalami anemia lho! Mau tahu informasi lebih lengkap mengenai kondisi ini? Yuk baca informasinya dibawah ini!

Anemia sebenarnya bukanlah suatu penyakit, melainkan kondisi dimana tubuh mengalami kekurangan jumlah atau ukuran dari sel darah merah/hemoglobin dari yang seharusnya. Anemia dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti kurangnya konsumsi zat besi, asam folat, vitamin A & B12, dan protein. Selain itu, anemia juga dapat terjadi apabila kamu mengalamai pendarahan atau kehilangan darah dalam jumlah besar, infeksi cacing, dan bawaan lahir. Dari beberapa penyebab anemia, kekurangan zat besi adalah penyebab anemia dengan kasus terbanyak. 

 

Kamu tahu nggak kalau ada beberapa orang yang rentan dengan kondisi ini? Kira-kira siapa ya yang rentan dengan kondisi ini? Yuk cari tahu infonya di bawah ini!


1. Bayi 
Bayi dengan berat badan kurang dan lahir prematur berisiko tinggi untuk mengalami kondisi ini. Ibu bayi yang menderita anemia zat besi juga berpengaruh pada kadar zat besi bayi lho! Jadi sobat C’lifers yang sedang mengandung wajib mengkonsumsi makanan tinggi zat besi nih untuk suplai zat besi untuk si buah hati. 

2. Balita
Kelompok usia ini adalah kelompok yang paling rentan karena pada usia ini terjadi perubahan pola makan dan perkembangan sehingga balita akan membutuhkan zat besi yang lebih banyak. Jaga pola makan buah hati dan pastikan selalu cukup zat besi ya sobat C’Lifers! 

3. Anak sekolah 
Perilaku makan anak sekolah yang cenderung tidak sesuai dengan gizi seimbang menyebabkan mereka tidak mengkonsumsi makanan tinggi zat besi dengan cukup. Inilah kondisi yang membuat anak sekolah rentan mengalami anemia zat besi. 

4. Wanita dan ibu hamil 
Wanita menjadi kelompok rentan karena adanya siklus menstruasi yang menyebabkan zat besi dalam darah berkurang. Sedangkan pada ibu hamil, mereka membutuhkan asupan zat besi diatas kebutuhan dari biasanya. Dua hal inilah yang dapat memicu anemia pada wanita dan ibu hamil.  

 

Eitss, tapi tenang sobat C’Lifers, kali ini Ciputra Life akan ngasih tahu kamu bagaimana cara mencegah anemia zat besi dengan cara berikut : 

  • Pemberian ASI : Pemberian ASI dan makanan pendamping ASI tinggi zat besi dapat menjadi solusi untuk buah hati kamu nih sobat C’Lifers. 
  • Mengubah pola makan : Kekurangan zat besi bisa terjadi karena asupan zat besi dalam tubuh tidak sesuai. Oleh karena itu, kamu bisa konsumsi makanan dengan kandungan zat gizi besi tinggi seperti daging, hati, sayur brokoli dan sayuran berwarna hijau lainnya serta buah yang mengandung vitamin C. Perlu diingat, vitamin C efektif untuk membantu proses penyerapan zat besi dalam tubuh lho! 
  • Minum suplemen penambah darah : Kandungan zat besi yang cukup tinggi pada suplemen penambah darah bagus untuk meningkatkan kadar zat besi dalam tubuh kamu. Kamu dapat mengkonsumsi suplemen ini saat kondisi menstruasi, hamil, menyusui, dan nifas. Tapi ingat ya, sebelumnya konsultasikan dengan dokter! 

 

Nah gimana penjelasan anemia zat besi diatas? Semoga bermanfaat dan jangan lupa jaga kesehatan kamu!

Untuk kepastian kesehatan dan jiwa kamu, kunjungi www.ciputralife.com untuk hidup yang lebih pasti! 

 


# Harap berhati-hati dengan penipuan yang mengatasnamakan Ciputra Life
# PT. Asuransi Ciputra Indonesia terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan