Editorial
23 August 2023

Apa Perbedaan Asuransi Pendidikan dan Tabungan Pendidikan?



Apa Perbedaan Asuransi Pendidikan dan Tabungan Pendidikan?

Sekilas, asuransi pendidikan dan tabungan pendidikan terkesan mirip. Padahal faktanya, perbedaan asuransi pendidikan dan tabungan pendidikan cukup signifikan.

Asuransi Pendidikan vs Tabungan Pendidikan

apa itu asuransi pendidikan

Sebelum mencari tahu lebih detail, mari pahami dulu apa perbedaan asuransi dan tabungan secara prinsip.

Tabungan adalah wadah untuk menyimpan uang. Fitur utamanya adalah keamanannya. Sementara itu, asuransi merupakan kesepakatan penjaminan antara pemilik asuransi dan perusahaan asuransi. Produk keuangan ini menawarkan proteksi yang bisa jadi lebih menguntungkan.

Dengan bekal pengetahuan tersebut, mari telaah lebih dalam tentang keduanya.

1. Definisi dan Tujuan

tabungan pendidikan adalah

Apa itu asuransi pendidikan?

Asuransi pendidikan memberi pertanggungan yang bertujuan untuk meringankan biaya edukasi anak. Dana pertanggungan yang cair tidak bersifat fleksibel. Artinya, dana tersebut sudah ditentukan penggunaannya untuk keperluan biaya sekolah anak dan waktu pencairan sesuai dengan ketentuan polis.

Sementara itu, tabungan pendidikan anak adalah tabungan pada umumnya. Anda memiliki fleksibilitas besar, mulai dari nominal yang akan Anda tabung, kapan uang tersebut bisa Anda cairkan, hingga apa peruntukannya.

2. Proses Pencairan

perbedaan asuransi dan tabungan

Pada asuransi pendidikan, uang tanggungan akan diberikan secara bertahap, seiring dengan kenaikan jenjang sekolah anak. Proses ini akan terus berjalan hingga waktu yang telah ditentukan di dalam polis.

Sementara itu, tabungan pendidikan bisa Anda cairkan seluruhnya sewaktu-waktu. Namun, ada juga program tabungan pendidikan berjangka, meski tenggat waktunya umumnya lebih pendek daripada asuransi pendidikan.

3. Benefit Tambahan

Perbedaan asuransi pendidikan dan tabungan pendidikan

Beberapa Asuransi Pendidikan menawarkan perlindungan untuk orang tua juga. Jadi tidak hanya dana pendidikannya saja yang terlindungi, melainkan juga memberikan santunan duka jika orang tua sebagai pencari nafkah tutup usia. Hal ini bertujuan agar anak tetap bisa melanjutkan hidup dan menggapai apapun cita-citanya.

Sementara itu, tabungan pendidikan tidak menawarkan benefit lain, kecuali bunga bank.

Lebih Baik yang Mana?

Asuransi Pendidikan Anak

Lebih baik mana, asuransi pendidikan atau tabungan pendidikan? Akan menjadi lebih baik jika telah menyiapkan Tabungan dan dilengkapi dengan asuransi pendidikan agar memberikan jaminan besaran dana pendidikan sesuai kebutuhan

Untungnya, saat ini ada Asuransi Beasiswa Ciputra yang menjamin pendidikan anak hingga 18 tahun hanya dengan membayar premi 5 tahun, serta pemberian santunan duka sebesar 25% dari nilai beasiswa yang diambil jika pemegang polis tutup usia.

Kapan lagi dapat asuransi yang #Cukup5Tahun sudah bisa menjamin dana pendidikan anak hingga perguruan tinggi? Nah, karena Anda sudah paham perbedaan asuransi pendidikan dan tabungan pendidikan, maka sekarang waktunya untuk tentukan pilihan Anda agar bisa #AmankanMasaDepan Pendidikan Anak sekarang juga!