Editorial
01 December 2022

Cara Menabung Siapkan Dana Pendidikan Anak Sejak Muda



Cara Menabung Siapkan Dana Pendidikan Anak Sejak Muda

 

Tabungan dan Asuransi Pendidikan Anak

Biaya pendidikan setiap tahun mengalami peningkatan, berdasarkan data BPS rata-rata sampai 10%. Kondisi tersebut menyebabkan Anda harus lebih jeli dalam mempersiapkan dana pendidikan anak. Selain itu, harus memikirkan cara menabung siapkan dana pendidikan anak yang lebih efisien.

Hal ini karena menabung dengan cara biasa akan kesulitan untuk menghadapi kenaikan biaya pendidikan setiap tahunnya. Selain itu, terdapat potensi risiko finansial yang mungkin terjadi ketika anak bertambah dewasa dan orang tua semakin menua.

Oleh sebab itu, berikut rekomendasi metode mempersiapkan dana pendidikan anak yang lebih efisien. Anda bahkan bisa memulainya mulai sejak muda, sehingga persiapannya makin matang.

 

Menyisihkan Pendapatan ke Investasi

investasi dana pendidikan anak

Berinvestasi menjadi salah satu langkah untuk menghadapi biaya pendidikan yang semakin mahal. Anda bisa memilih investasi dana pendidikan anak pada sektor yang memiliki return besar.

Hindari memilih berinvestasi hanya dari melihat keuntungannya saja, karena rawan terjebak/terkena risiko. Usahakan juga selalu melakukan diversifikasi dalam berinvestasi. Dengan demikian meminimalisir risiko finansial yang akan Anda terima.

Selain itu, pastikan juga berinvestasi dari uang yang tidak Anda gunakan. Sisihkan juga sebagian untuk kebutuhan jangka pendek atau keperluan mendadak. Sehingga finansial Anda semakin kuat, persiapan pendidikan anak juga semakin matang.

 

Berasuransi untuk Proteksi Pendidikan Anak

cara menabung untuk pendidikan anak

Belum banyak orang yang mengambil cara berasuransi untuk pendidikan anak. Beberapa perusahaan asuransi menawarkan asuransi jiwa yang memberikan manfaat terhadap keluarga bila terjadi risiko pada Anda. Terutama bila Anda adalah satu-satunya sumber pemasukan keluarga.

Risiko seperti kehilangan pekerjaan, tidak mampu bekerja, atau meninggal dunia selalu ada dan terjadi secara tiba-tiba. Ketika hal itu terjadi dan belum ada asuransi, keluarga akan kesulitan untuk melanjutkan persiapan pendidikan anak.

Bahkan menggunakan tabungan yang telah tersedia untuk memulai mencari sumber pemasukan baru. Oleh karena itu berasuransi juga termasuk cara menabung untuk pendidikan anak dari sisi proteksi finansial.

Dengan memiliki Asuransi Beasiswa Ciputra, Anda dan dana pendidikan anak terjamin selama 18 Tahun. Tentukan nilai beasiswa yang sang Buah Hati butuhkan dan lakukan simulasi preminya untuk dapatkan diskon preminya sekarang juga!