Editorial
26 April 2019

Cara Mencegah Stres di Tempat Kerja



Sobat C’Lifers tentu sering mendengar pekerja yang stres dengan kerjaan, tidak nyaman dengan lingkungan sekitar kantor, atau kamu sendiri pernah merasakan hal tersebut? Kamu tahu nggak sih sobat C’Lifers kalau itu berdampak buruk untuk kesehatan kamu? Stres kerja biasanya disebabkan karena adanya tekanan dalam lingkungan kerja, jam kerja berlebih, kurangnya waktu istirahat, pekerjaan yang sulit dilakukan, dan kondisi lingkungan kerja yang tidak aman dan nyaman.

Sebelum kamu mencegah stres di lingkungan kerja, kamu perlu tahu nih gejala apa yang mengindikasikan kalau kamu mengalami stres kerja. Stres kerja dapat ditandai dengan perubahan berikut :

  • Perubahan emosi       : Sifat yang mudah marah, apatis, menyendiri, dan rasa gelisah
  • Perubahan kognisi     : Penurunan ingatan dan penurunan kontribusi
  • Perubahan fisik          : Berkeringat, mual, dan gugup
  • Perubahan perilaku   : Meminum alkohol, merokok, dan konsumsi obat-obatan

Hal ini tentu berbahaya bagi kesehatanmu. Dampak yang dapat kamu rasakan biasanya hipertensi, penyakit jantung, depresi, obesitas, diabetes, peningkatan kolesterol, gangguan pencernaan dan gangguan pernapasan.

Wah ternyata stres kerja memiliki dampak yang cukup serius ya bagi kesehatan. Tapi tenang! Ciputra Life memberikan beberapa tips manajemen diri untuk mengurangi stres kerja!

 

1. Mempelajari cara coping stres dan relaksasi
Melakukan coping stres dan relaksasi dapat menjadi cara untuk menurunkan amarah dan stres kerja yang kamu alami lho sobat! Coping stres bisa dilakukan dengan melakukan hal yang menyenangkan dan membuat dirimu bahagia.

2. Mengubah gaya hidup
Dengan merubah gaya hidup kamu seperti berolahraga, kamu bisa meningkatkan produktivitas lho! Cara ini dapat membantu kamu untuk mengurangi stres dan membuat tubuh tentu menjadi lebih lebih sehat. Aktivitas jalan santai dan yoga membuat kadar kortisol (hormon yang memicu stres) menurun.

3. Membuat desain tempat kerja yang nyaman
Membuat atau mengubah meja kerja kamu juga bisa meredakan stres kerja lho! Kamu bisa menambahkan beberapa benda unik, pajangan, atau peralatan yang kamu senangi. Menurut penelitian hal ini sangat ampuh untuk meningkatkan fokus pekerja sampai 48%.

4. Menjalin komunikasi baik
Mengembangkan komunikasi dapat menjadi manajemen stres kerja yang efektif lho sobat C’Lifers! Dengan komunikasi yang baik kamu dapat mendapatkan dukungan sosial, masukan, dan kerja yang lebih baik sehingga stres kerja dapat teratasi.

5. Konsultasi dengan ahli/ tenaga medis
Kamu dapat menggunakan fasilitas yang disediakan di tempat kamu bekerja untuk memeriksakan kesehatan kamu dengan cara konsultasi dengan ahli mengenai masalah yang kamu alami. Jadi, kalau kamu merasa stres segera konsultasikan dengan ahli ya. Jangan dipendam sendirian. Oke?

 

Wah ternyata stres kerja yang sering dialami oleh beberapa pekerja memiliki efek yang buruk ya. Kayanya kamu wajib deh untuk menjaga kesehatan kamu nih.

Dalam jiwa dan raga pekerja yang sehat, tentu banyak keuntungan yang didapat. Kalau keuntungan berlipat? Ciputra Life solusianya. Beli produknya sekarang, raih keuntungan kemudian!

 

# Harap berhati-hati dengan penipuan yang mengatasnamakan Ciputra Life
# PT. Asuransi Ciputra Indonesia terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan