Editorial
02 May 2019

Selamat Hari Pendidikan Nasional! Yuk Tingkatkan Literasi Mulai Sekarang!



Setiap tanggal 2 Mei diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional. Di hari pendidikan ini, menurut sobat C’Lifers PR apa yang perlu diselesaikan oleh masyarakat Indonesia terkait pendidikan di Indonesia? Kamu tahu nggak sih kalau angka baca dan tulis di Indonesia masih terbilang rendah. Dari data Perpustakaan Nasional di tahun 2017, frekuensi membaca orang Indonesia hanya tiga sampai empat kali per minggunya atau sekitar lima sampai sembilan buku yang dibaca pertahun. Hal ini berarti bahwa angka literasi di Indonesia masih sangat rendah. 


Kemampuan literasi masyarakat di Indonesia memang tergolong rendah dibandingkan negara maju lainnya di dunia. Tapi ada beberapa cara lho untuk meningkatkan minat literasi masyarakat Indonesia dengan cara berikut : 


1. Membiasakan membaca 10-15 menit sebelum melakukan kegiatan atau aktivitas sehari-hari 
Dikit-dikit menjadi bukit, mungkin untuk kalangan yang tidak suka membaca, ini bisa menjadi cara pertama dalam meningkatkan minat baca lho! 

2. Isi waktu luang dengan membaca 
Membaca di waktu luang selain bisa mengurangi rasa bosan, dapat juga memberikan ilmu dan informasi yang berguna untuk meningkatkan pengetahuan lho! Jadi daripada galau nggak jelas mending coba membaca yuk! 

3. Coba analisis suatu bacaan 
Setelah membaca, biasanya apa nih yang sobat C’Lifers lakuin? Untuk meningkatkan pengetahuan dari membaca, kamu bisa nih menganalisis tulisan dari bacaan yang kamu baca. Dengan mengalisis hal ini, kamu dapat berpikir kritis untuk menentukan tulisan dengan sumber yang terpercaya dan terdorong untuk menggali informasi lebih lho! 

4. Coba mulai diskusi dengan teman
Mendiskusikan apa yang kamu baca juga bisa menjadi cara yang efektif untuk memperbanyak sumber informasi. Kamu bisa memulai topik obrolan dengan temanmu mengenai informasi dari bacaan yang telah kamu baca. Selain menambah pengetahuan, kamu juga sudah berbagi informasi dengan temanmu lho! Wah keren banget kan? Tapi tetap diingat ya! Kalau informasi yang diobrolkan berbeda jangan sampai bertengkar ya, tapi cari kebenarannya! Tidak hanya dengan teman, berdiskusi mengenai bacaan juga dapat kamu lakukan dengan buah hatimu lho! Setelah buah hati membaca, kamu juga bisa mengajak si kecil bercerita dan bertanya kepada kamu nih! 

5. Beri reward kepada anak dalam perkembangan literasinya 
Budaya membaca emang harus diterapkan sejak dini ya, buat sobat C’Lifers yang punya buah hati. Kamu bisa nih gunain cara memberi reward atau hadiah untuk buah hati kamu yang sudah membaca buku perhari atau perminggunya. Buku dengan konsep ringan dan menyenangkan bisa jadi referensi nih supaya anak semakin suka membaca. 

 

Wah gimana sobat C’Lifers? Banyak cara yang dapat dilakuin untuk meningkatkan minat kamu dalam membaca. Semakin banyak membaca, pengetahuanmu juga semakin bertambah. Selamat Hari Pendidikan Nasional, semoga minat literasi di Indonesia semakin tinggi ya! 
 “Think before you speak, read before you think” 

 

# Harap berhati-hati dengan penipuan yang mengatasnamakan Ciputra Life
# PT. Asuransi Ciputra Indonesia terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan