Editorial
14 June 2019

Cegukan, Kenapa Ya?



Siapa yang sering mendengar kata “cegukan”? Kamu tahu nggak sih sobat C’Lifers kalau cegukan itu merupakan nama beken dari singultus. Singultus atau cegukan sendiri disebabkan karena adanya refleks yang berasal dari otot diafragma yang kejang sehingga menutup pita suara. Jadi kamu secara tiba-tiba bisa mengeluarkan bunyi dengan nada “hik hik”. 

Ada beberapa jenis cegukan atau singultus yang perlu kamu ketahui nih! Yuk simak informasinya!


1. Cegukan yang sifatnya akut 
Singultus akut bukan berarti kamu cegukan dalam waktu yang lama ya, cegukan akut justru hanya terjadi dalam waktu yang sangat singkat. Cegukan ini berlangsung kurang dari 48 jam saja dan bisa hilang dengan sendirinya setelah itu. Biasanya ini terjadi karena ada regangan lambung, kondisi stres, dan merokok yang terlalu banyak. 

2. Cegukan yang sifatnya persisten 
Nah kalau kamu cegukan lebih dari 48 jam dan selama berhari-hari maka kamu mengalami cegukan persisten. Cegukan ini dapat menyebabkan komplikasi seperti dehidrasi, kelelahan, dan perubahan irama  jantung. 

3. Cegukan intractable 
Nah kalau cegukan yang satu ini justru lebih lama. Biasanya kamu cegukan dalam waktu yang sangat lama sekitar 1 bulan lebih. Faktor seperti gangguan metabolik dan gangguan otak bisa jadi salah satu penyebab cegukan yang nggak kelar-kelar nih. 


Wah pastinya kamu terganggu ya kalau mengalami cegukan secara tiba-tiba? Tenang! Gausah khawatir kali ini Ciputra Life akan kasih kamu saran cara meredakan cegukan yang datang tiba-tiba dengan tips di bawah ini : 
 

1. Buang dan tarik napas dalam 
Kalian bisa menarik napas dalam dan tahan sebentar lalu menghembuskannya perlahan. Lakukan berulang ya selama kamu masih cegukan. 
2. Menelan satu sendok gula pasir 
Cara ini menjadi cara andalan orang banyak karena diduga adanya gula akan mengirimkan sinyal ke saraf yang mengganggu lengkungan refleks diafragma. 
3. Meminum air hangat 
Kamu juga bisa ambil segelas air hangat dan diminum perlahan untuk meredakan cegukan kamu. 
4. Berbaring sambal menekuk lutut 
Mulai lakukan cara ini kalau cegukan kamu masih belum hilang. Selamat mencoba! 
5. Bernapas dengan kantong kertas
Kamu tahu nggak sih kalau cegukan bisa disebabkan karena kurangnya kadar CO2 dalam darah? Dengan bernapas menggunakan kantong kertas, maka CO2 dari hasil pembuangan napas kamu akan tertahan dan dapat terhirup kembali. Wah kira-kria cara ini manjur nggak ya untuk sobat C’Lifers? 

 

Gimana nih sobat C’Lifers udah tercerahkan dan udah tahu kan harus ngapain kalau cegukan tiba-tiba? Cegukan juga bisa terjadi karena pola gaya hidup yang buruk lho! Untuk itu, tetap jaga kesehatanmu untuk pencegahan ya.

Kalau sudah jaga pola hidup jangan lupa untuk tetap kasih perlindungan untuk diri kamu ya. Ciputra Life jadi solusi tepat untuk perlindungan kesehatan, jiwa, dan investasi! Dijamin gak pake ribet gak pake lama. Yuk beli produknya sekarang di www.ciputralife.com

 

 

# Harap berhati-hati dengan penipuan yang mengatasnamakan Ciputra Life
# PT. Asuransi Ciputra Indonesia terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan