Editorial
09 December 2019

Hari Anti Korupsi Sedunia



Mengambil barang atau kepunyaan yang bukan miliknya namanya mencuri. Termasuk juga para koruptor. Pas banget! Di tanggal 9 Desember yang diperingati sebagai Hari Anti korupsi Sedunia ini, Ciputra Life akan kasih rangkuman kasus-kasus hukuman korupsi yang ada di beberapa negara! 

  1. Jepang 
    Walaupun tidak memiliki lembaga mandiri untuk menangani kasus korupsi, Negeri Sakura tetap memberikan hukuman bagi para koruptor yang terbukti melakukan korupsi. Melakukan tindak korupsi di Negara Jepang ibaratkan melakukan hal paling memalukan dan akan menjadi aib seumur hidup. Tak jarang banyak pelaku yang mengakhiri hidupnya daripada harus menanggung rasa malu dan aib. 
     
  2. Korea Selatan 
    Hampir serupa dengan Jepang, di Korea Selatan melakukan tindak pidana korupsi sama dengan memalukan diri dan keluarga serta orang terdekat. Hukuman sosial itulah yang menjadi hukuman yang berat bagi para pelaku jika dibandingkan dengan hukuman yang telah dijatuhkan lembaga anti korupsi di negara tersebut. Salah satu contohnya adalah mantan Presiden Roh Moo Hyun yang mengakhiri hidupnya dengan terjun dari bukit akibat dikucilkan oleh keluarganya. 
     
  3. China
    Negara dengan penduduk terbanyak di Dunia ini termasuk negara yang menerapkan hukuman berat kepada para koruptor. Terpidana koruptor yang terbukti melakukan tindak korupsi lebih dari 100.000 yuan atau sekitar Rp. 204.000.000 akan dijatuhkan hukuman mati lho! 
     
  4. Arab Saudi
    Hukuman yang berlaku bagi koruptor di Arab Saudi tentunya sangat berat. Hukuman mati dengan cara di qishash atau dipenggal menjadi hukuman bagi siapapun pelaku korupsi. 
     
  5. Malaysia 
    Negeri tetangga ini menerapkan hukuman mati bagi para pelaku tindak korupsi. Mereka memiliki undang-undang terkait dan lembaga untuk menjalankan fungsi sebagaimana mestinya. Di tahun 1997 diberlakukan undang-undang Anti Corruption Act dimana para pelaku korupsi akan dijatuhi hukuman gantung. 
     
  6. Jerman 
    Di Negara Jerman, para koruptor yang terbukti bersalah akan dikenakan hukuman juga lho! para koruptor tersebut akan dijatuhkan hukuman seumur hidup dan tentunya harus mengembalikan seluruh harta dari hasil korupsi yang telah dilakukan. 
     
  7. Korea Utara 
    Negeri ini akan memberlakukan hukuman yang sangat berat pada pelaku koruptor. Hukuman yang sadis juga tidak segan diberikan kepada koruptor. Salah satu hukuman beratnya adalah eksekusi hukuman mati dengan cara ditembak dan mayatnya dijadikan santapan untuk anjing yang kelaparan. Hal ini terjadi sendiri oleh paman dari Presiden Korea Utara Kim Jong-Un. 

Itu dia hukuman dari berbagai negara kepada pelaku korupsi. Yuk mulai menerapkan hidup yang jujur agar tidak menjadi seseorang yang merugikan. 
 

 

# Harap berhati-hati dengan penipuan yang mengatasnamakan Ciputra Life.
# PT. Asuransi Ciputra Indonesia terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan