Editorial
18 April 2019

Jauhi Perilakunya, Ketahui Jenis-Jenis Bullying!



Tentu kalian pernah mendengar dan sempat digemparkan oleh kasus bullying yang dialami oleh siswi SMP di Kota Pontianak pekan lalu. Sempat menjadi trending di berbagai media sosial dengan tagar #JusticeForAudrey, berita ini menyita banyak simpati dari beberapa pihak untuk mendukung agar pelaku diberikan hukuman yang sesuai dengan peraturan di negeri hukum ini. 


Bullying tidak hanya soal terluka secara fisik lho, C’Lifers tahu nggak sih kalau sebenarnya banyak macam bullying yang wajib kamu ketahui. Yuk simak informasi di bawah ini!

 

1. Physical Bullying
Bullying yang satu ini biasanya dilakukan oleh pelaku kepada korbannya dengan cara memukul, menjambak, meninju, menggigit, mencekik, menusuk, dan melakukan kekerasan lainnya. Tapi kamu harus tahu nih kalau merusak benda atau barang orang lain juga termasuk dalam tipe bullying satu ini. 

 

2. Verbal Bullying 
cewek mau kemana nih?”
mungkin beberapa sobat C’Lifers pernah mengalami hal ini ya. Kamu harus tahu nih kalau tindakan menggoda, name/cat calling, menghina, dan mengucapkan kata-kata yang menjatuhkan merupakan tipe bullying secara verbal lho!

 

3. Emotional Bullying
Kalau macam bullying yang ini adalah tindakan pemerasan, mengisolasi, mengacuhkan, mengucilkan, membohongi, memprovokatori orang lain untuk membully korban. Walaupun tidak terluka secara fisik, kadang hal ini akan mengganggu bagi mental korban lho! 


4. Sexual Bullying 
Tipe bullying yang satu ini lebih sering terjadi pada wanita. Tapi tidak menutup kemungkinan lho kalau pria juga bisa menjadi korbannya. Tipe bully satu ini biasanya seperti tindakan pelecehan atau melakukan kekerasan seksual. 

 

5. Cyber Bullying 
Kalau bullying yang satu ini dilakukan menggunakan teknologi seperti media sosial. Bullying ini dilakukan pelakunya dengan memberikan isu yang tidak benar, komentar buruk, mengirimkan atau menampilkan foto atau video yang sifatnya menyakitkan perasaan korban. Satu lagi! Mencoba meretas akun seseorang juga termasuk tindakan cyber bullying lho!

 

6. Social Bullying 
Tipe bullying satu ini biasanya dilakukan oleh pelaku untuk menyingkirkan korban dari lingkungan sosial. Intimidasi sosial dilakukan untuk mendapatkan posisi terkenal atau popular di lingkungannya. 


Gimana sobat C’lifers ternyata banyak ya tipe dari bullying. Kamu pernah ngalamin yang mana nih? Atau kamu pernah jadi pelakunya? Yuk tetap jadi manusia yang selalu berpikir, bersikap, dan bertindak positif untuk menghindari bullying. 

 

# Harap berhati-hati dengan penipuan yang mengatasnamakan Ciputra Life.
# PT. Asuransi Ciputra Indonesia terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan