Editorial
01 December 2017

Kata Siapa Asuransi itu Selalu Membosankan? Film-film ini Berhasil Mematahkannya!



Photo credit: geralt (pixabay.com)

Asuransi merupakan perlindungan finansial yang sangat penting bagi Kamu. Bagaimana tidak, begitu banyak kejadian-kejadian tidak terduga yang mungkin akan terjadi dan jika ingin menghadapinya dengan persiapan, Kamu wajib memiliki asuransi. Namun sayangnya masih banyak orang berpikiran bahwa asuransi tidak terlalu penting bahkan sesuatu yang membosankan. Padahal, sebagian besar orang di dunia sudah paham betul arti pentingnya asuransi.

Sebenarnya, banyak hal yang bisa dilakukan untuk menyadarkan orang-orang akan pentingnya asuransi, misalnya melalui media film. Jika di Indonesia film bertema asuransi masih sukar ditemui, berbeda halnya dengan film-film luar negeri. Berikut daftarnya!

The Apartement (1960)

Film yang disutradarai oleh Billy Wilder ini menceritakan tentang Bud Baxter (Jack Lemmon) yang bekerja di perusahaan asuransi besar di New York. Ia menemukan cara yang mudah untuk sukses, yaitu dengan cara meminjamkan apartemennya kepada para eksekutif perusahaan tempatnya bekerja untuk urusan pribadi. Namun karena kunjungan para eksekutif tersebut, Baxter harus menghadapi banyak masalah hingga suatu malam ia dihadapkan pada masalah besar yang harus ia selesaikan.

Berkat alur ceritanya yang menarik, ‘The Apartement’ berhasil memenangkan sejumlah penghargaan di ajang Oscar mulai dari film terbaik, sutradara terbaik untuk Billy Wilder, hingga aktor terbaik Jack Lemmon. Film ini juga berada di urutan 80 dalam daftar American Film Institut 2007 dari 100 film Amerika terbesar sepanjang masa.

Cedar Rapids (2011)

Film komedi ini bercerita tentang Tim Lippe (Ed Helms) yang naif dan idealistik. Sepanjang hidupnya ia habiskan di kota kelahirannya dengan bekerja di perusahaan asuransi. Hingga suaru hari Tim ditugaskan oleh perusahaannya untuk berangkat ke Cedar Rapids, sebuah kota besar yang belum pernah ia datangi, untuk mewakili perusahaannya dalam konvensi tingkat nasional.

Meskipun sempat ragu, Tim menyetujui tugas tersebut. Di luar dugaan, Tim malah terbawa gaya hidup di sana. Gemerlap kehidupan mewah di kota itu membuat Tim terhanyut. Hingga ia sadar bahwa tugasnya kali ini lebih dari sekadar mewakili perusahaannya dalam konvensi perusahaan asuransi.

Film ini menarik karena menyuguhkan cerita mengenai jawaban optimistik dari pertanyaan moral yang dihadapi oleh industri asuransi saat ini. Bisakah agen asuransi yang jujur, pekerja keras, dan berorientasi komunitas bertahan hidup tanpa mengorbankan keyakinannya? Tim tidak hanya mempertahankan keyakinannya namun juga menggunakan hati dan pikiran untuk menghadapi berbagai masalah yang dihadapi.

Fletch (1985)

Salah satu contoh film mengenai asuransi jiwa yang dikemas secara modern adalah film yang disutradari oleh Michael Ritchie, Fletch. Film ini bercerita tentang Irwin M. Fletcher (Chevy Chase) yang bekerja sebagai reporter di L.A Times. Seorang jutawan menawarkan ia sejumlah uang senilai 50 ribu USD untuk membunuhnya. Jutawan tersebut mengaku mengalami kanker akut, namun Fletch menyelidiki hal tersebut dan menemukan fakta bahwa jutawan tersebut sebenarnya sama sekali tidak sakit.

Film ini didasarkan pada series noval karangan Gregory McDonald yang juga dilanjutkan dengan film sekuelnya, Fletch Won. Dalam salah satu adegan, film ini menampilkan Fletch menyamar sebagai seorang agen asuransi. Film ini dianggap sebagai salah satu film yang paling digemari tahun 1980-an.

Groundhog Day (1993)

Film komedi fantasi ini bercerita tentang Phil Connor (Bill Murray), seorang pria egois, sinis, dan nyinyir yang bekerja sebagai penyiar prakiraan cuaca di stasiun TV Pitsburgh. Suatu hari Phil bersama produser berita Rita Hanson (Andie MacDowell) dan kameramen Larry (Chris Elliot) pergi ke sebuah kota kecil di Pennsylvania untuk meliput festival tahunan hari Groundhog.

Phil sangat membenci tugasnya kali ini, ia benci kota kecil beserta orang-orang di dalamnya. Ia pun meliput festival tersebut seadanya dengan narasi yang buruk. Ketika ia ingin kembali ke Pitsburgh, badai besar pun menghadang. Dengan berat hari Phil harus kembali ke Punxsutawney. Keesokan harinya ketika ia bangun, Phil sadar bahwa hari itu adalah hari yang sama saat festival berlangsung. Ia hidup pada hari yang sama berulang-ulang kali dengan perasaan bosan dan tanpa manfaat bagi orang lain.

Ia tidak tahu alasan hal itu terjadi padanya. Yang jelas, salah satu orang yang selalu dia temui setiap hari adalah Ned Ryerson (Stephen Tobolowsky), seorang penjual asuransi yang selalu menawarkan asuransinya padanya. Ned merupakan tipikal salesman asuransi kebanyakan. Film ini pada intinya bercerita tentang Phil yang mengulang hari Groundhog hingga akhirnya ia menemukan jawaban mengapa hal itu terjadi padanya. Salah satu jawaban tersebut adalah membeli sebanyak-banyaknya asuransi dari temannya, Ned Ryerson.

Itulah beberapa film tentang asuransi yang pastinya seru dan tidak membosankan. Semoga bermanfaat!