Editorial
07 April 2022

Ketahui 5 Penyakit Usia 50 Tahun Berikut Ini



Memasuki akhir usia paruh baya, kondisi kesehatan seseorang umumya rentan mengalami beragam penyakit baru. Apa saja contoh penyakit usia 50 tahun? Simak selengkapnya.

 

5 Penyakit di Usia 50 Tahun

 

Menurut Renuka Tipirneni, M.D., M.Sc, penyakit kronis umumnya mulai muncul saat seseorang menginjak umur 50 tahun. Oleh karena itu, kamu hendaknya mengenali jenis-jenis penyakit umur 50 tahun agar dapat mencegah lebih dini.

1. Osteoporosis

Penyakit ini terjadi akibat massa dan kepadatan mineral pada tulang berkurang. Selain itu, ini juga dapat timbul apabila kualitas atau struktur tulang berubah.

Dalam jangka panjang tanpa penanganan, hal ini bisa mengakibatkan lemahnya kekuatan tulang yang juga berpotensi pada keretakan tulang.

2. Tekanan Darah Tinggi

Kondisi ini bisa mengarah jadi faktor utama penyakit jantung dan stroke, lho. Seiring bertambah usia, keadaan pembuluh darah berkurang fleksibilitasnya. Jadi, tekanan darah bisa terpengaruhi. Selain itu, pola hidup kurang sehat pun bisa jadi penyebab kondisi ini.

3. Gangguan Pendengaran

Menurut American Speech-Language-Hearing Association (ASHA), gangguan pendengaran mejangkiti sekitar 14% dari orang-orang berusia 45-64 tahun.

Banyak faktor penyebabnya, misalnya paparan terhadap suara keras terus-menerus, penyakit turunan, hingga penyakit telinga khusus. Selain itu, konsumsi obat-obatan tertentu dalam jangka waktu cukup lama juga bisa jadi penyebabnya.

4. Obesitas

Menurut studi yang terbit di National Center for Bitechnology Information di Eropa, sekitar 12%-25% penduduk mengidap obesitas. Faktanya, obesitas juga bisa menyebabkan penyakit kronis seperti artritis, hipertensi, hingga depresi.

5. Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK)

Penyakit yang juga disebut dengan PPOK ini mengacu pada sekelompok penyakit yang jadi penyebab terseumbatnya aliran udara serta permasalahan pernapasan lainnya. Beberapa penyakit yang umum ditemui adalah emfisema serta bronkitis kronis.

Salah satu langkah awal pencegahan yang bisa kamu lakukan adalah melakukan rutinitas dan pola hidup sehat di usia 50 tahun untuk mengurangi risiko terkena penyakit-penyakit di atas mulai dari sekarang.

 

Untuk perlindungan kesehatan lebih maksimal, berikan dirimu dan orang-orang tersayang proteksi dari Ciputra Life. Tentukan perlindungan terbaikmu mulai saat ini dan jalani hari-harimu dengan tenang di usia 50 tahun!