Editorial
12 April 2022

3 Cara Mengenali Potensi Diri dengan Lebih Mudah




Potensi diri merupakan sebuah anugerah yang patut kamu kembangkan. Namun, tak semua orang tahu cara mengenali potensi diri. Simak beberapa cara yang bisa kamu ikuti berikut ini.

3 Cara untuk Mengenali Potensi Diri

Menurut Cambridge Dictionary, potensial merupakan sebuah kemampuan yang seseorang miliki namun belum terwujud, atau sudah terwujud, namun belum berkembang.

Mengenali potensi diri bisa membawa kamu untuk mewujudkannya menjadi kemampuan yang nyata. Dengan kemauan yang kuat untuk mengasah potensi tersebut, kamu bisa membuka pintu-pintu kesempatan yang lebih luas.

Lalu, bagaimana cara mengenali potensi diri? Simak daftar cara berikut ini:

 

1. Cari Tahu Lewat Pertanyaan Sederhana

Cara mengenali potensi diri sendiri yang pertama adalah dengan menanyakan hal-hal yang bisa membangkitkan potensi tersebut kepada diri sendiri.

Kamu bisa bertanya hal-hal seperti:

  • Apa kegiatan yang benar-benar aku nikmati?
  • Tujuan dan hal-hal apa yang ingin kuraih selama hidup di dunia?
  • Apa saja passion-ku?
  • Apakah hal yang sedang kukerjakan saat ini adalah hal yang paling berarti bahkan hingga akhir hidupku?

2. Coba Berbagai Kegiatan dengan Sadar

Menurut Life Hack, kamu wajib melakukan usaha dengan kesadaran penuh dengan tujuan mengenali potensi diri.

Misalnya, kamu ingin mengetahui apakah potensimu ada di bidang kepenulisan atau musik. Lakukan salah satu dari hal tersebut selama beberapa waktu.

Nantinya, jika belum merasa ‘klik’, lakukan hal di bidang selanjutnya. Akan tetapi, jangan cepat menyerah, ya, karena menemukan potensi diri membutuhkan waktu yang tak singkat.

3. Buat Target

Untuk menghindari perilaku mudah menyerah selama perjalanan mengenali potensi diri, buatlah target di tiap kegiatan. Target tersebut bisa kamu gunakan sebagai motivasi untuk tetap on track.

Misalnya, kamu ingin mencoba kegiatan di bidang memasak. Buat target untuk memasak beberapa menu dalam kurun waktu tertentu.

Dengan begitu, kamu bisa lebih mengenali apakah hal tersebut memang potensi dirimu atau bukan.

Mengetahui potensi diri kamu juga menyadarkanmu betapa pentingnya melindungi diri kamu dari berbagai risiko. Untuk itu, kamu memerlukan perlindungan dari Ciputra Life untuk menjaga kamu dan finansialmu tetap aman. Pahami perlindungannya dan pilih proteksi yang tepat untukmu ya.