Editorial
04 August 2022

Langkah Penting dalam Menyiapkan Dana Pendidikan Anak



BPS menyebutkan bahwa biaya pendidikan di Indonesia terus mengalami kenaikan, bahkan cukup drastis. Sebagai orang tua atau calon orang tua, tentunya harus memahami langkah penting dalam menyiapkan dana pendidikan anak. Sehingga tidak kesulitan di kemudian hari.

Terdapat tiga langkah umum yang harus Anda lalui agar dana pendidikannya aman, yaitu proteksi, riset, dan investasi. Ketiganya harus Anda lalui agar sang buah hati bisa menempuh pendidikan hingga mencapai cita-citanya kelak. Berikut penjelasan ketiga langkah tersebut!

 

1. Riset Sekolah dan Kebutuhan Biayanya

 

dana pendidikan adalah

Meskipun waktu sekolah anak masih jauh, ada baiknya Anda mulai mencari informasi tentang sekolah, kualitas dan layanannya, serta besaran biayanya. Riset ini berfungsi untuk menghitung dana pendidikan anak di masa mendatang.

Jangan hitung flat berdasarkan harga saat ini, tetapi proyeksikan dana di masa mendatang dengan menambahkan tingkat kenaikan. Biasanya berkisar antara 10-15% tiap tahunnya, sehingga tentu kebutuhan dananya akan semakin besar.

 

2. Mulai Berinvestasi dan Menabung

 

menghitung dana pendidikan anak

Tingginya biaya pendidikan tentu akan terasa berat bila Anda menabung secara konvensional. Solusinya adalah mulai investasi untuk dana pendidikan anak. Salah satunya bisa melalui reksadana, yang lebih praktis dan memberikan return cukup tinggi.

Namun berinvestasi ada risikonya, sehingga bila jadwal sekolah anak masih lama bisa Anda terapkan. Akan tetapi, bila jadwal sekolah sudah dekat, ada baiknya memindahkan ke tabungan saja. Lebih aman dan terhindar dari risiko fluktuasi nilai.

 

3. Memiliki Asuransi Pendidikan Anak

 

investasi untuk dana pendidikan anak

Memahami langkah penting dalam menyiapkan dana pendidikan anak membuat Anda lebih siap dan percaya diri untuk menghadapi biaya pendidikan yang semakin tinggi.

Manfaat Asuransi Pendidikan

Selain dengan ketiga langkah di atas, Anda juga bisa menyiapkan dana pendidikan melalui Asuransi Beasiswa Ciputra dimana Anda tidak perlu lagi khawatir untuk menghadapi kemungkinan risiko finansial di masa depan. Cukup 5 Tahun bayar premi, Anda dan dana pendidikan anak terlindungi selama 18 Tahun.

Dapatkan berbagai manfaat lainnya mulai dari santunan duka sebesar 25% dari nilai beasiswa yang diambil jika orang tua tutup usia dan gratis premi apabila orang tua terdiagnosis penyakit kritis. Miliki perlindunganya sekarang dan dapatkan diskon preminya*

 

*Syarat dan Ketentuan Berlaku