Editorial
20 September 2018

Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik? Perhatikan Kriterianya!



Seperti yang kita telah ketahui, memiliki asuransi kesehatan merupakan salah satu hal penting yang wajib dimiliki sebuah keluarga mengingat banyaknya manfaat yang ditawarkan. Hal ini juga merupakan cara kita untuk meminimalisir risiko yang disebabkan oleh penyakit yang datang tiba-tiba hingga membuat salah seorang keluarga harus dirawat di rumah sakit. Secara umum, asuransi kesehatan dapat memberikan penggantian biaya kesehatan apabila pihak tertanggung dirawat inap karena kecelakaan atau penyakit tertentu.

Tingginya biaya pengobatan di Indonesia terkadang tidak diimbangi dengan pendapatan yang diperoleh oleh masyarakat sehingga banyak masyarakat yang mulai mencari asuransi kesehatan terbaik untuk melindungi seluruh keluarga. Namun persoalannya, bagaimana cara memilih asuransi kesehatan yang terbaik? Ada baiknya perhatikan dulu beberapa kriteria asuransi kesehatan yang baik berikut ini:

  • Pilih premi yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan

Pilihlah asuransi kesehatan dengan premi murah yang sesuai dengan kebutuhan serta kemampuan kondisi keuangan kamu. Jangan sampai kamu memilih asuransi kesehatan yang memberatkan kamu dalam membayar premi.

  • Pilih asuransi kesehatan yang memiliki manfaat rawat inap

Fokuskan memilih asuransi dengan manfaat rawat inap yang akan menanggung biaya rumah sakit kamu. Sebab rawat inap memiliki biaya yang lebih mahal daripada biaya rawat jalan. Kecuali jika kamu memiliki keuangan yang lebih, akan lebih baik jika kamu juga memiliki fasilitas tambahan berupa asuransi rawat jalan.

  • Pilih metode pembayaran menggunakan auto debit kartu kredit

Sebelum kamu memilih asuransi kesehatan terbaik, pilihlah asuransi kesehatan yang menggunakan metode pembayaran auto debit kartu kredit. Maksudnya, pilihlah pembayaran premi yang dapat dilakukan dengan cara debet otomatis dari kartu kredit. Fasilitas ini akan mempermudah kamu dalam membayar premi bulanan asuransi kesehatan. Pastikan juga kamu tahu kapan pembayaran dimulai dan bagaimana prosesnya jika ingin berhenti. Meskipun sepertinya memudahkan, Kamu harus tetap berhati-hati melakukan pembayaran dengan auto-debit kartu kredit.

  • Pilih asuransi kesehatan dengan kebijakan Double Claim

Double claim adalah perlindungan atau pengembalian biaya yang ditanggung oleh asuransi tambahan atas klaim yang tidak dicover oleh kartu asuransi utama (yang sudah disediakan oleh perusahaan tempat bekerja). Dengan manfaat double claim, kamu akan mendapat proteksi maksimal, di mana biaya pengobatan yang kamu keluarkan akan mendapatkan proteksi dari dua perusahaan asuransi yang berbeda. Sayangnya, beberapa asuransi di Indonesia tidak memberikan fitur seperti itu. Kebanyakan asuransi di Indonesia hanya memberikan pengganti dari biaya yang telah kamu keluarkan. Bila asuransi pertama kamu tidak mengganti semua klaim kamu, maka asuransi kedua kamu bisa mengganti sisanya. Berbeda dengan yang lain, fitur produk yang ditawarkan oleh Ciputra Life memungkinkan kamu untuk mendapatkan penggantian seluruh biaya rumah sakit, meskipun telah dibayarkan oleh asuransi lain.

Jika kamu sudah mengerti kriteria apa saja yang benar untuk memilih asuransi kesehatan terbaik, kamu dapat memilih asuransi kesehatan yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan kamu. Cara tersebut juga dapat membantu kamu mengantisipasi hal-hal yang akan mempersulit kamu nantinya. Selain itu, sangat penting untuk kamu mendaftarkan diri sejak dini supaya biaya kesehatan lebih murah dan kamu bisa melindungi diri dan keluarga secara maksimal dengan asuransi kesehatan murah namun tidak mengorbankan kualitas pelayanan.

Jika kamu ingin mengetahui lebih banyak mengenai Ciputra Life, silahkan hubungi kami melalui nomor telepon 1500 399 atau email [email protected]