Editorial
15 December 2019

Minum Air Dingin Bikin Gemuk? Mitos atau Fakta?



Setiap orang tentu membutuhkan air untuk menghidrasi dan mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh. Dengan minum air tentu banyak hal yang bisa didapat seperti menjaga daya tahan tubuh, meningkatkan kerja organ, dan mencegah terjadinya penyakit kronis. Tapi ada sebagian orang yang lebih menyukai air dingin.


Air dingin inilah yang kerap kali dikaitkan dan disangkutpautkan dengan penyebab tubuh menjadi gemuk. Kira-kira hal tersebut benar atau tidak ya? Untuk informasinya, yuk cek selengkapnya di bawah ini : 

 

  1. Air Dingin Tidak Menimbulkan Kegemukan 
    Meminum air dingin tidak akan membuat seseorang menjadi gemuk lho! Faktanya air dingin yang bisa membuat badan menjadi gemuk adalah air dingin yang memiliki kandungan gula tinggi seperti soda, kopi susu, teh manis, sirup, ataupun minuman dingin manis lainnya. 
     
  2. Air Dingin Baik Melancarkan Metabolisme 
    Meminum air dingin justru dapat melancarkan metablolisme dalam tubuh. Hal ini disebabkan karena suhu yang rendah akan membuat tubuh menyesuaikan menjadi lebih hangat. Mekanisme itulah yang membuat metabolisme menjadi lebih lancar. 
     
  3. Air Dingin Bisa Membantu Diet 
    Badan yang gemuk sebenarnya terjadi ketika asupan kalori tidak sesuai dengan yang kalori yang dikeluarkan. Terkadang manusia sangat mudah untuk lapar mata dan memakan makanan walau tidak sedang dalam keadaan lapar. Dengan meminum air putih dingin, seseorang akan merasa kenyang dan dehidrasi pun hilang sehingga membuat nafsu makan berkurang. Jadi program diet juga berjalan lancar. 
     
  4. Menghidrasi Tubuh dan Menurunkan Suhu
    Air dingin ternyata dapat membuat tubuh jauh lebih terhidrasi daripada air putih hangat lho! Ketika dalam cuaca panas atau dalam kondisi setelah olahraga, kamu justru disarankan untuk konsumsi air dingin karena air dingin dapat menurunkan dan menjaga suhu tubuh lebih baik dan terhindar dari heat stroke atau peningkatan suhu tubuh drastis dan rasa haus berkepanjangan. 

 

Nah ternyata meminum air putih dingin tidak akan membuat badan menjadi gemuk. Untuk kamu yang sedang diet, meminum air dingin bukan masalah selama tidak mengandung gula berlebih. 

 


# Harap berhati-hati dengan penipuan yang mengatasnamakan Ciputra Life.
# PT. Asuransi Ciputra Indonesia terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan