Editorial
14 November 2022

Perhatikan 3 Cara Menyiapkan Dana Pendidikan Anak



Perhatikan 3 Cara Menyiapkan Dana Pendidikan Anak

 

CLifers yang sudah punya keluarga pasti tahu betul bahwa merencanakan dana pendidikan untuk anak-anak itu tidaklah mudah. Anda harus tahu cara menyiapkan dana pendidikan anak dengan anggaran keluarga yang mungkin terbatas. Sebagai solusi, kami menyediakan beberapa tips untuk persiapkan dana pendidikan anak.

 

3 Tips untuk Persiapkan Dana Pendidikan Anak

Anda tidak bisa menyiapkan dana dengan baik tanpa melakukan hal-hal berikut ini.

 

1. Hitung Anggaran untuk Biaya Sekolah

Cara menyiapkan dana pendidikan anak

Dana pendidikan adalah nominal yang Anda butuhkan untuk menyekolahkan anak di tempat tujuan. Oleh karena itu, sebelum belajar merencanakan anggaran, Anda harus terlebih dahulu menentukan sekolahnya. 

Anda bisa melakukan riset dan mengkaji sekolah mana yang kira-kira sesuai dengan minat anak. Kemudian, Anda bisa mulai membuat anggaran dengan cara: 

  • Mencatat biaya masuk dan SPP sekolah 

  • Mempertimbangkan inflasi dan peningkatan biaya per tahun.

  • Menghitung total biaya yang Anda butuhkan. 

 

2. Jangan Lupakan Kebutuhan Lainnya

asuransi pendidikan anak

Saat menyiapkan dana pendidikan, Anda juga tidak boleh melupakan fakta bahwa si kecil tidak hanya butuh sekolah saja. Lebih daripada itu, Anda harus mempertimbangkan faktor lain seperti tumbuh kembang dan kesehatannya yang membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

 

3. Mempersiapkan Asuransi Pendidikan

dana pendidikan anak yang bagus

Anda bisa mulai menyiapkan dana pendidikan dengan asuransi pendidikan anak. 

Terlebih lagi, asuransi pendidikan khususnya Asuransi Beasiswa Ciputra juga menawarkan sejumlah manfaat lainnya seperti Santunan Duka sebesar 25% dari Nilai Beasiswa jika Orang Tua tutup usia. Sebagai orang tua sekaligus tertanggung, Anda juga terlindungi. 

Artinya, jika tertanggung mengalami risiko tutup usia akan ada santunan kematian yang diberikan ke anak untuk terus melanjutkan hidup dan dana pendidikannya tetap dijamin terpenuhi sesuai rencana awal. Jadi, baik ada atau tidak adanya Anda disisi anak, ia bisa meraih cita-cita.

3 cara menyiapkan dana pendidikan anak di atas bisa menjadi bekal awal untuk mengatasi kegelisahan Anda. Praktikkan langkah-langkahnya dan wujudkan masa depan yang lebih baik bagi si kecil.

Tips Kumpulkan Dana Pendidikan Anak