Editorial
29 September 2019

Selamat Hari Jantung Dunia 2019



Di tanggal 29 September ini, diperingati sebagai Hari Jantung Sedunia. Dengan peringatan hari jantung sedunia ini diharapkan masyarakat lebih aware terhadap penyakit jantung. Simak informasi dari Ciputra Life tentang penyakit ini yuk : 

  1. Penyakit Jantung Merupakan Penyakit Kardiovaskular 
    Penyakit kardiovaskular merupakan penyakit yang disebabkan karena adanya gangguan pada fungsi jantung dan pembuluh darah. Jadi kalau dengar kata kardiovaskular bisa jadi ini berhubungan dengan gangguan organ jantung. 
     
  2. Hidup Tidak Sehat Bisa Menjadi Penyebabnya 
    Penyakit jantung bisa disebabkan oleh beberapa hal salah satunya adalah keturunan. Tapi jangan salah! Pola hidup yang tidak sehat seperti merokok, stres, kurang berolahraga, konsumsi alkohol, terlalu banyak konsumsi makanan tidak bergizi, dan kegemukan merupakan faktor pemicu dari gangguan organ jantung. 
     
  3. Bisa Mencetus Stroke 
    Gangguan pada jantung bisa disebabkan karena adanya penimbunan lemak jahat seperti kolesterol, lemak darah, dan trigliserida. Nah penimbunan ini akan menyebabkan plak yang membuat aliran darah tersumbat. Apabila aliran darah ke otak terganggu bisa menyebabkan stroke. 
     
  4. Ada Beberapa Penyakit Jantung 
    Sebenarnya penyakit jantung banyak lho macamnya seperti dibawah ini : 
    a. Arterosklerosis : Penimbunan plak yang menumpuk di dinding pembuluh darah arteri
    b. Penyakit jantung koroner : Penyakit ini disebabkan oleh adanya penumpukan plak yang berada di arteri jantung. Komplikasi dari penyakit ini bisa menyebabkan serangan jantung dan juga gagal jantung lho! 
    c. Kardiomiopati : Kondisi dimana otot jantung mengalami gangguan berupa pengerasan atau melemahnya otot jantung 
    d. Penyakit jantung bawaan : Penyakit jantung dari bawaan lahir 
    e. Infeksi penyakit jantung : Adanya penyakit jantung karena infeksi mikroorganisme seperti bakteri, virus, dan jamur
    f. Aritmia : Permasalahan irama detak jantung yang cenderung cepat dan berpotensi berhenti berdetak
     
  5. Bisa terjadi di usia muda 
    Pada dasarnya, usia akan berbanding lurus dengan kejadian penimbunan plak pada pembuluh darah. Namun, tidak menutup kemungkinan kalau di usia muda bisa terkena penyakit jantung karena pola hidup yang tidak sehat. Makin tidak sehat makin berisiko untuk terkena penyakit ini. 


Nah itu dia beberapa informasi mengenai penyakit jantung. Tetap jaga kesehatan kamu untuk menghindari risiko kesakitan. Tapi menghindari saja gak cukup! Kamu tetap perlu perlindungan untuk meminimalisir risiko kebangkrutan finansial


Referensi :
https://www.healthline.com/health/heart-disease
Infodatin Jantung Kemenkes