Editorial
09 September 2022

3 Tips Memilih Asuransi Pendidikan untuk Masa Depan Buah Hati



3 Tips Memilih Asuransi Pendidikan untuk Masa Depan Buah Hati

 

Asuransi pendidikan adalah salah satu produk insurance yang perlu kamu pertimbangkan saat berkeluarga. Melalui produk ini, kamu bisa tenang menjalani hidup tanpa memikirkan biaya pendidikan anak yang setiap tahun selalu meningkat. Bagaimana tips memilih asuransi pendidikan?

 

Perbedaan polis dan ketentuan tiap perusahaan asuransi perlu kamu pertimbangkan saat memilih. Namun, secara garis besar tips berikut bisa kamu ikuti untuk mendapat asuransi pendidikan yang tepat:

 

1. Siapkan Rencana Pendidikan yang Ingin Ditempuh

asuransi pendidikan anak

Penting untuk tahu pendidikan yang akan ditempuh oleh anak. Mulai dari jenjang TK, SD, SMP, SMA, hingga kuliah. Kamu bisa membuat satu atau dua rencana pendidikan.

Tentu ada saatnya kondisi memaksa kamu untuk melangkah di luar rencana. Misalkan nilai anak tidak cukup atau telat mendaftar. Untuk itu, rencana cadangan perlu kamu buat juga.

 

2. Hitung Perkiraan Kebutuhan Dana

 tips memilih asuransi pendidikan

Dengan rencana tadi, kamu bisa melihat anggaran kebutuhan dana yang dibutuhkan selama pendidikan berlangsung. Misalkan total kebutuhan dana Rp200 juta untuk biaya kuliah nanti. Tambah asumsi inflasi per tahun sekitar 10%. 

Bagi total dana setelah perhitungan inflasi dengan waktu menabung dari sekarang hingga usia anak siap masuk kuliah.Berapa totalnya, itulah dana yang perlu kamu sisihkan tiap bulan. 

Jika kamu tak bisa menghitung sendiri, bisa gunakan bantuan ahli. Atau biasanya orang asuransi juga bisa membantumu.

 

3. Bandingkan Produk dan Pilih sesuai Budget

tips memilih asuransi pendidikan anak

Selanjutnya, kamu bisa memilih beberapa produk asuransi pendidikan. Bandingkan mana yang menurutmu lebih baik. Pastikan perusahaannya legal, diawasi OJK, dan memiliki track record bagus.

Penting untuk menyesuaikan budget premi yang perlu kamu bayar tiap bulannya. Sebisa mungkin hindari membayar premi di luar kemampuan finansial mu saat ini. Jangan sampai kamu harus berhutang untuk memenuhi premi.

 

Bagaimana jika Tak bisa Beli Asuransi Pendidikan?

Terlepas dari apa alasanmu tidak bisa beli asuransi pendidikan, alih produk bisa jadi solusinya. 

Misalkan kamu lebih memilih beli asuransi jiwa terbaik. Alasannya, jenis dan manfaat asuransi jiwa ini akan dirasakan saat meninggal di usia berapapun (dalam masa pertanggungan). Keluarga bisa mendapat santunan yang besar.

Proteksinya ganda yakni melindungi diri dan memberi jaminan keuangan bagi keluarga yang ditinggalkan. Uang pertanggungan juga bisa membantu membiayai kebutuhan pendidikan anak. 

Asuransi Beasiswa Ciputra hadir untuk memberikan kepastian bagi masa depan sang Buah Hati dalam meraih cita-citanya. Kamu hanya perlu membayar premi 5 Tahun untuk bisa terlindungi selama 18 Tahun. 

Tidak usah khawatir akan dana pendidikannya karena Asuransi Beasiswa Ciputra juga memberikan manfaat lain berupa santunan duka senilai 25% dari total nilai beasiswa yang diambil jika orang tua meninggal dunia dan gratis premi bilamana orang tua terdiagnosis penyakit kritis.

Mulai proteksi dan dapatkan diskon preminya* sekarang!