Editorial
19 October 2022

Catat, 5 Opsi Makanan Untuk Penderita Asam Lambung!



Salah satu faktor yang memicu asam lambung (reflux acid) adalah makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh. Apalagi, beberapa jenis makanan memang terkenal sebagai penyebab reflux acid  naik. Lalu makanan untuk penderita asam lambung yang tepat itu apa saja? Simak pembahasannya berikut ini.

 

5 Makanan untuk penderita asam lambung

 

1. Biji-bijian Utuh

Catat, 5 Opsi Makanan Untuk Penderita Asam Lambung!

Whole grains menjadi opsi yang sangat baik untuk penderita reflux acid. Bahan makanan ini tinggi serat dan mampu membantu menghentikan gejala asam lambung. 

Makanan seperti biji barley, beras merah, quinoa, havermut, hingga roti gandum  bisa membantu menyerap reflux acid. Selain itu, bahan makanan ini juga baik untuk pencernaan.

 

2. Sayuran

sayuran yang aman untuk penderita asam lambung

Mayoritas jenis sayuran di sekitar Anda memiliki kandungan lemak dan gula yang rendah secara alami sehingga baik untuk penderita asam lambung. Sayuran yang aman untuk penderita asam lambung adalah wortel, mentimun, kentang, brokoli, asparagus, dan juga kembang kol. 

Khusus untuk kentang, Anda bisa menjadikannya sebagai makanan pengganti nasi untuk penderita asam lambung. Selain itu , sayuran berdaun hijau seperti bayam, sawi, kale, dan lain-lain juga bisa jadi pilihan. 

 

3. Buah-buahan Non-Sitrus

makanan pengganti nasi untuk penderita asam lambung

Buah dari keluarga jeruk perlu Anda hindari agar kondisi asam lambung tidak memburuk. Sebagai gantinya, Anda bisa mengonsumsi buah lain yang rendah asam seperti melon, pisang, apel, dan pir.

Jenis buah yang disebutkan tadi memiliki resiko lebih rendah untuk memicu gejala asam lambung. Khusus untuk pisang, ini bisa menstimulasi produksi lendir yang melindungi dari asam di perut.

 

4. Daging Tanpa Lemak

lauk untuk penderita asam lambung

Salah satu lauk untuk penderita asam lambung yang disarankan adalah protein yang rendah lemak. Daging tanpa lemak seperti seafood, ikan, kalkun, dan juga ayam bisa jadi pilihan. Kandungan lemak dalam daging yang tidak banyak bisa membantu mengurangi gejala asam lambung.

Namun, Anda perlu ingat untuk mengolah sumber protein tadi dengan cara yang tepat. Misalkan dengan memanggang, merebus, dan juga mengukusnya. Hindari proses menggoreng.

 

5. Putih Telur

makanan untuk penderita asam lambung

Jika membeli daging cukup memberatkan keuangan, maka putih telur bisa jadi opsi lauk pauk untuk penderita asam lambung yang bagus. 

Hindari mengonsumsi bagian kuningnya karena mengandung lemak yang tinggi. Lebih baik Anda makan rebusan putih telur saja. Jangan mencampurnya dengan butter, susu, keju, atau bumbu lain (termasuk lada). Hindari proses menggoreng juga, ya!

Mengubah pola makan juga pola diet mungkin tidak mudah. Namun Anda bisa mencoba secara bertahap untuk merubahnya agar kondisi asam lambung membaik.

Selain memperhatikan jenis makanan untuk penderita asam lambung, Anda juga bisa mengantisipasi dampak dari risiko akibat masalah kesehatan ini dengan perlindungan dari Ciputra Life. Jaga kesehatan Anda dengan mengonsumsi rekomendasi makanan di atas dan lindungi diri Anda dengan pilihan proteksi dari Ciputra Life.