Editorial
08 August 2022

3 Tips Merencanakan Dana Pendidikan Anak Sejak Dini



Merencanakan biaya untuk pendidikan anak perlu Anda lakukan sedini mungkin. Hal ini sangat penting agar Anda bisa mempersiapkannya lebih awal. Ada beberapa tips merencanakan biaya pendidikan anak yang bisa Anda lakukan.

https://asuransibeasiswa.ciputralife.com/?utm_source=Blog&utm_medium=Banner&utm_id=Conversion

Berikut ini adalah tips mempersiapkan biaya pendidikan anak yang bisa Anda lakukan.

1. Tentukan Rencana Sekolah yang Diinginkan

tips merencanakan biaya pendidikan anak

Hal pertama yang harus Anda lakukan ketika merencanakan biaya pendidikan untuk anak adalah menentukan sekolah yang diinginkan. Sebagai orang tua tentunya Anda ingin anak bersekolah di tempat yang terbaik bukan?

Mulailah dari sekarang untuk merencanakan sekolah anak. Anda bisa memulai dengan memilih jenis sekolahnya. Misalnya saja Anda ingin menyekolahkan anak di homeschooling atau sekolah swasta.

Setelah Anda menentukan jenis sekolah anak, maka Anda bisa memilih institusi sekolah yang Anda inginkan. Anda bisa membuat daftar sekolah anak mulai dari TK sampai perguruan tingginya.

Perencanaan tempat sekolah anak sangat penting, hal ini merupakan langkah awal Anda dalam melakukan perencanaan biaya pendidikan

 

2. Lakukan Riset Biaya yang Dibutuhkan

mempersiapkan biaya pendidikan anak

 

Setelah Anda menentukan tempat sekolah anak, maka langkah selanjutnya adalah melakukan riset biaya yang dibutuhkan. Anda harus mencari tahu berapa besaran biaya SPP, uang gedung, uang buku, dan lain sebagainya. Selain itu, Anda juga bisa menanyakan besaran kenaikan biaya setiap tahunnya.

Setelah Anda tahu perkiraan biayanya maka Anda harus menghitung perkiraan besaran biaya ketika si Buah Hati masuk sekolah. Hitunglah  dengan cermat agar perencanaan keuangan Anda bisa tepat.

 

3. Mulai Menabung Melalui Asuransi Pendidikan

asuransi pendidikan anak

Selanjutnya setelah Anda tahu perkiraan biaya pendidikan anak maka hal yang perlu Anda lakukan adalah mulai membuka tabungan pendidikan anak. Anda bisa mulai menghitung berapa uang yang harus Anda sisihkan setiap bulannya untuk memenuhi biaya pendidikan anak.

Selain menabung, salah satu tips dalam merencanakan biaya pendidikan anak adalah ikut asuransi pendidikan. Asuransi pendidikan anak bisa membantu meringankan biaya pendidikan anak. Bagaimana tidak? Dengan Asuransi Beasiswa Ciputra, Anda cukup membayar premi 5 tahun untuk menjamin dana pendidikan anak hingga 18 tahun, tanpa pemeriksaan kesehatan, dan gratis premi* apabila Anda sebagai orang tua terdiagnosis penyakit kritis.

Bersama Asuransi Beasiswa Ciputra, berikan masa depan terbaik bagi anak.