Editorial
02 February 2022

5 Makanan untuk Mencegah Diabetes, Ampuh Menurunkan Gula Darah




Diabetes merupakan kondisi yang membutuhkan banyak penyesuaian dari segi makanan. Itulah sebabnya, makanan untuk mencegah diabetes penting dikonsumsi agar gejala diabetes tidak kambuh dan memburuk.

Cukup sulit untuk menyeleksi makanan karena banyaknya olahan yang mengandung gula saat ini. Namun, tetap ada yang bisa kamu konsumsi dengan aman tanpa harus mengkhawatirkan kandungan gula dalam darah.

Berikut ini 5 makanan yang baik untuk mencegah diabetes sebagai rujukan.

 

Low Processed Carbohydrates

Sumber karbohidrat yang sudah terolah dengan baik seperti nasi putih dan tepung gandum memang memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang enak.

Namun, serat dan kandungan gizi lain telah hilang dan hanya tinggal karbohidrat saja. Ini membuat tubuh berisiko menerima asupan gula yang lebih tinggi dengan berat makanan yang sama.

Karena itu, lebih baik makan low processed carbohydrates seperti nasi cokelat atau gandum utuh. Selain nutrisinya masih lengkap, kandungan karbonya juga relatif lebih rendah.

 

Air Putih dan Minuman Tanpa Gula

Hampir semua minuman kemasan di pasaran memiliki kandungan gula yang cukup tinggi. Stop itu semua dan beralih ke minuman rendah gula.

Air putih selalu jadi pilihan hidrasi terbaik. Selain itu, kamu juga bisa menikmati teh atau kopi tanpa gula yang memiliki rasa alami yang khas.

 

Lemak Sehat

Makanan tanpa lemak memang gurih, tapi bagi penderita diabetes, sebaiknya memilih makanan yang mengandung lemak sehat.

Contohnya seperti asam lemak omega-3 DHA dan EPA yang banyak terdapat dalam ikan salmon, sarden. Begitu juga dengan asam lemak tak jenuh pada kacang-kacangan dan alpukat.

 

Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam, kale, brokoli, dan lainnya mengandung kalori yang sangat rendah dan vitamin serta mineral yang tinggi.

Ini merupakan menu ideal untuk penderita diabetes karena aman dan tanpa risiko kandungan gula meningkat sama sekali.

Jadi, biasakan makanan ini setiap hari tanpa terlewat untuk mencegah diabetes.

 

Cuka Apel

Meski terbuat dari apel, kandungan gula dalam cuka apel sangat kecil karena sudah terfermentasi menjadi asam asetat.

Selain itu, cuka apel sebagai minuman penurun gula darah sudah teruji dalam meta-analisis yang melibatkan 6 penelitian dan 317 orang. Belum lagi kandungan antimikroba dan antioksidannya.

Konsumsi setiap hari dalam campuran 1 sendok cuka apel untuk segelas air, maka manfaatnya akan terasa dengan cepat.

 

Jangan lupa untuk selalu kontrol gula darah dan periksa ke dokter jika ada gejala yang parah. Selain itu, kamu juga bisa miliki proteksi kesehatan untuk melindungimu dari risiko kesehatan seperti diabetes. Kamu bisa pilih Produk Asuransi Kesehatan yang sesuai dengan kebutuhanmu di sini!