Editorial
09 February 2022

Jangan Kelewatan, Ini Jam Tidur Siang yang Baik dan Batasannya



Banyak penelitian yang mengungkap manfaat tidur siang yang besar untuk kesehatan. Namun, menjalaninya tanpa mengerti jam tidur siang yang baik bisa jadi kontraproduktif dan malah bikin lemas.

Agar bisa mendapatkan manfaat tidur siang yang optimal, kamu perlu tahu kapan waktu tidur siang yang baik dan berapa lama.

Ulasan berikut ini akan membantumu menentukan waktu yang baik untuk tidur siang dan apa alasannya.

Tidur Siang di Awal-awal

Tidur siang di awal-awal waktu merupakan pilihan yang tepat. Ini bisa menjadi momen mengistirahatkan tubuh sementara dari rasa penat dan capek setelah waktu kerja.

Selain itu, jarak yang cukup dengan tidur malam membuat kamu tak akan mengalami insomnia di malam harinya. Jadi, sebisa mungkin ketika tidur siang, ambillah waktu di awal siang.

Cukup 20 Menit Saja

Manfaat tidur siang dapat mengembalikan kebugaran tubuh, kesegaran otak, dan memperbaiki mood. Akan tetapi, tidur siang yang terlalu lama justru dapat menimbulkan disorientasi waktu, membuat kepala pusing, dan tubuh lemas.

Maka dari itu, lama tidur siang cukup 15-20 menit saja dan usahakan tidak lebih dari 30 menit.

Ini karena di atas 30 menit, otak telah memasuki kondisi tidur REM atau deep sleep. Jika terbangun dalam kondisi ini, akan membuatmu mengalami disorientasi dan butuh waktu untuk kembali “mengumpulkan nyawa”.

Hindari Waktu Sore

Setelah makan siang, tubuh cenderung mengalami sedikit lemas dan mengantuk. Sirkulasi darah akan lebih berfokus ke perut untuk membantu pencernaan.

Ini juga merupakan jam yang baik untuk tidur siang karena rasa ngantuk setelah makan dapat memengaruhi kesadaran serta kemampuan konsentrasi dan memori.

Namun, pastikan waktunya minimal 2 jam setelah makan agar tidak terjadi GERD. Selain itu, usahakan tidak melewati pukul 15.00 agar tidak mengganggu ritme istirahat malam nantinya.

Selain waktu, kamu juga perlu menyiapkan tempat atau posisi tidur siang yang nyaman agar manfaatnya bekerja optimal.

Kamu dapat menjaga kesehatan dengan membiasakan jam tidur siang yang baik. Selain itu, tak perlu ragu juga untuk memiliki asuransi kesehatan sebagai proteksi tambahan.

Yuk, jaga kesehatan dan mulai berasuransi! Segera tentukan asuransi yang sesuai dengan kebutuhanmu bersama rangkaian produk asuransi dari Ciputra Life.