Editorial
20 May 2024

5 Manfaat Dana Pensiun yang Disiapkan Sebaik-baiknya



Setiap pekerja di perusahaan pasti akan mendapatkan dana pensiun. Namun, tidak semuanya mencari alternatif lain untuk menambah pundi-pundi di masa tua. Mungkin, jika Anda mengetahui apa manfaat dana pensiun yang sebenar-benarnya, pemahaman tersebut akan berubah. 

Dana Pensiun; Terasa Berat Saat Muda, Pahlawan di Masa Tua

 

manfaat dana pensiun di usia tua

Apa itu dana pensiun? Jika Anda berpikir dana pensiun adalah hadiah cuma-cuma dari perusahaan, maka Anda perlu dikoreksi.

Pada dasarnya, dana pensiun adalah iuran yang dipotong dari pendapatan Anda. Sekilas, ketentuan ini mungkin terasa memberatkan. Oleh karena itu, ada saja orang yang enggan menyiapkan dana pensiun, dan lebih suka menunggu jatah dari perusahaan saja.

Hal tersebut tentu tidak ada salahnya. Tapi, manfaat dari dana pensiun tidak sesederhana menerima uang, lalu sudah. Faktanya, manfaat tersebut mungkin tidak terasa saat badan masih segar bugar, tapi nanti, ketika Anda sudah lanjut usia.

Manfaat Dana Pensiun Ketika Sudah Lansia

 

Fungsi dana pensiun

Aspek apa saja yang yang membuat Anda takkan rugi menyiapkan dana pensiun sebaik-baiknya? Fungsi dana pensiun ini begitu besar manfaatnya. Berikut manfaat yang akan Anda rasakan.

1. Memenuhi Kebutuhan Sehari-Hari

Mungkin Anda memang sudah tak aktif bekerja, tapi kebutuhan sehari-hari masih tetap ada. Misalnya saja untuk makan, perawatan diri, dan hiburan. Dana pensiun bisa Anda gunakan untuk semua itu.

2. Dana Pensiun untuk Menopang Kesehatan

Seiring pertambahan usia, kadang ada-ada saja penyakitnya, mulai dari yang ringan hingga yang butuh perawatan lanjutan. Di saat seperti itu, tentu gawat jika Anda tak punya budget kesehatan. Nah, disitulah dana pensiun berperan.

3. Untuk Melunasi Hutang

Baik untuk yang muda atau yang lanjut usia, punya hutang seringkali membuat batin tidak tenang. Jika ada dana pensiun, Anda bisa sekalian melunasi kewajiban finansial.

4. Menjadi Modal Usaha

Tidak sedikit orang yang tidak betah menganggur atau beristirahat terlalu lama. Makanya, biasanya para pensiunan akan menjajal peruntungannya dalam berwiraswasta. Dengan adanya dana pensiun, Anda bisa melakukan hal yang sama.

5. Untuk Menopang Keuangan Keluarga

Di situasi di mana Anda masih memiliki tanggungan, misalnya pasangan dan anak yang masih sekolah, dana pensiun bisa menjadi cara untuk menopang keuangan mereka.

Demi diri Anda dan orang-orang terkasih, sebaiknya tambahkan sumber dana pensiun Anda. Caranya adalah dengan mengambil Asuransi Ciputra Target Dana.

Dengan membayar premi tetap selama 5 Tahun, Anda bisa memiliki Dana Pensiun berapapun yang Anda butuhkan hingga 1 Miliar dan tentukan sendiri kapan waktu pencairannya.

Ingin tahu lebih lanjut soal manfaat dana pensiun di Asuransi Ciputra Target Dana? Klik disini!