Editorial
28 December 2021

5 Tips Menjaga Kesehatan Mental Saat Pandemi




Pandemi COVID 19 memang membawa dampak dan perubahan pada semua lini kehidupan. Tentu saja, hal ini berimbas pada kesehatan mental masyarakat. Lantas bagaimana tips menjaga kesehatan mental saat pandemi?

Terlebih lagi, banyak aktivitas harus tertunda, diubah bahkan dihilangkan demi terputusnya mata rantai virus corona. Segala hal berada dalam ketidakpastian dan tekanan, baik sosial maupun ekonomi.

Pengertian Kesehatan Mental

Melansir dari laman Direktorat Kemkes, Kesehatan mental merupakan kondisi batin ketika berada dalam kondisi tenang dan damai. Seseorang dapat dikatakan bermental sehat jika mampu menggunakan potensinya secara optimal untuk menjalani hidup.

Sebaliknya, orang mengalami gangguan kesehatan pada mentalnya cenderung susah mengendalikan emosi dan perilakunya. Bahkan, memiliki interaksi yang buruk dengan orang lain.

Tips Menjaga Kesehatan Mental Saat Pandemi

Rasa takut, khawatir dan stres merupakan respon yang wajar terhadap ancaman virus mematikan ini. Namun, jika gejala gangguan kesehatan mental tidak teratasi, tentunya dapat mengganggu kehidupan dalam bermasyarakat, bukan? Kamu akan menjadi cepat tersinggung, hingga mengalami gangguan kesulitan tidur.

Oleh karena itulah, penting menjaga kesehatan mental saat pandemi. Agar tubuh dan pikiran tetap terkontrol, terlebih ketika berhubungan dengan orang lain.

 

Berikut beberapa tips yang bisa Kamu coba untuk menjaga kesehatan mental.

1. Makan makanan yang sehat

Cara menjaga kesehatan mental saat pandemi yang pertama adalah mengonsumsi makanan sehat. Dengan begitu Kamu dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan terhindar dari wabah penyakit

2. Tetap melakukan aktivitas fisik serta olahraga meskipun di rumah saja

Melakukan aktivitas fisik seperti olahraga ringan dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

3. Berjalan-jalan di sekitar rumah tetap

Kamu bisa meluangkan waktu untuk berjalan-jalan di sekitar rumah. Namun  tetap dengan memperhatikan protokol kesehatan, ya

4. Melakukan hobi yang menyenangkan

Banyak pembatasan aktivitas di luar rumah bukan berarti Kamu tidak bisa melakukan kegiatan yang menyenangkan, bukan? Saat inilah, momen yang pas untuk menyalurkan hobi.

5. Bijak dalam bersosial media

Cara menjaga kesehatan mental saat pandemi selanjutnya adalah bijak dalam bersosial media. Kamu harus pandai menyaring segala informasi yang ada, jika perlu batasi paparan media berita.

Tidak dipungkiri,  terkadang media berita memicu stress dan kecemasan. Kamu bisa menggunakan sosial media untuk tetap menjalin komunikasi dengan keluarga yang terpisah jarak.

“Sehat bukan hanya tentang fisik, sehat mental juga penting”

 

Kesimpulan

Kesehatan mental menjadi isu yang cukup sensitif, namun seringkali terabaikan. Meskipun demikian, baik kesehatan mental maupun fisik, keduanya sama-sama penting. Kini kamu bisa lakukan sejumlah tips di atas untuk menjaga kesehatan mentalmu dan lengkapi perlindunganmu serta keluarga dengan berragam produk dari Ciputra Life.

Temukan produk yang sesuai dengan kebutuhanmu disini.