Editorial
04 April 2024

7 Hal yang Harus Disiapkan Agar Perjalanan Mudik Lebaran 2024 Aman!



7 Hal yang Harus Disiapkan Agar Perjalanan Mudik Lebaran 2024 Aman!

Memasuki minggu terakhir Ramadan, sebagian besar masyarakat Indonesia tengah berlomba-lomba untuk mempersiapkan diri menyambut Idulfitri untuk merayakan kemenangan. Beberapa diantaranya ada yang lebih meningkatkan kualitas ibadah di malam-malam terakhir Ramadan, menyiapkan bingkisan Lebaran untuk dibagikan ke orang-orang terdekat, hingga merencanakan perjalanan mudik untuk bersilaturahmi dengan sanak saudara di kampung halaman.

Untuk CiLifers yang berencana mudik di Lebaran 2024 ini, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan agar perjalanan mudik terasa lebih aman dan nyaman.

1. Pengecekan Kondisi Kendaraan

Mengecek kondisi kendaraan yang akan Anda gunakan untuk mudik sangatlah krusial. Pastikan kendaraan Anda dalam kondisi baik dan siap untuk perjalanan jauh. Periksa mesin, ban, rem, lampu, dan segala sesuatu yang diperlukan agar kendaraan Anda aman untuk digunakan.
 

2. Menghitung Budget Bensin

Pastikan kendaraan Anda memiliki bahan bakar yang cukup untuk perjalanan. Isi bahan bakar di stasiun yang terpercaya sebelum berangkat.
 

3. Rute Perjalanan

Rencanakan rute perjalanan Anda dengan cermat. Pastikan Anda mengetahui jalan alternatif jika terjadi kemacetan atau keadaan darurat di rute utama.
 

4. Konsumsi selama Perjalanan

Siapkan makanan dan minuman ringan untuk perjalanan. Ini akan membantu menjaga stamina dan kenyamanan selama perjalanan.
 

5. Obat-Obatan

Sebelum berangkat menuju kampung halaman, Anda dianjurkan untuk memeriksakan kesehatan diri Anda dan anggota keluarga terlebih dahulu. Selain itu, pastikan juga Anda membawa obat-obatan seperti obat anti mabuk, paracetamol, dan obat-obatan lainnya yang diperlukan. Lebih baik lagi, jika Anda sudah menyimpan informasi kontak darurat jika terjadi keadaan darurat medis seperti halnya kontak Layanan Ambulans di nomor 118 atau 119.
 

6. Bingkisan dan Amplop Lebaran

Jangan lupa untuk membawa buah tangan ataupun amplop lebaran untuk saudara-saudara dan orang-orang terkasih di kampung halaman.
 

7. Rumah dan Keamanan

Pastikan rumah Anda dalam keadaan aman sebelum berangkat. Matikan alat-alat listrik yang tidak diperlukan, pastikan pintu dan jendela terkunci dengan baik, dan mintalah bantuan tetangga atau kerabat untuk menjaga rumah Anda selama perjalanan.

Jika sudah mempersiapkan hal-hal di atas, ada hal lain yang juga wajib untuk Anda miliki sebelum berangkat mudik yakni Asuransi. Meskipun tentu tidak ada yang mengharapkan terjadinya risiko dalam perjalanan mudik, namun seberapa banyak dari kita yang sadar dan siap akan kerugian yang timbul apabila risiko itu terjadi? Bahkan bisa berdampak kepada keluarga yang kita tinggalkan hingga duka finansial.

Asuransi Kecelakaan Receh dari Ciputra Life

Merupakan produk asuransi mikro yang bisa berikan Manfaat 100% Uang Santunan sebesar Rp100.000.000 kepada ahli waris apabila tertanggung meninggal dunia akibat kecelakaan. Cukup 1x Bayar Premi sebesar Rp60.000 buat perjalanan mudik hingga arus balikmu semakin aman karena Asuransi Kecelakaan Receh memberikan perlindungan selama 1 tahun tanpa masa tunggu. Dapatkan proteksinya secara online sekarang!