Editorial
02 November 2023

Apa Itu Dana Pensiun? Ini Penjelasan Lengkapnya



Apa itu dana pensiun? Sesuai namanya, dana pensiun memiliki kaitan erat terhadap fase pensiun, alias purnatugas. Dana ini merupakan sejumlah uang yang Anda dapatkan di penghujung masa produktif yang ditandai dengan tidak lagi bekerja secara aktif.

Berapa Jumlah Dana Pensiun?

Kenapa Harus Punya Dana Pensiun

Berapa besaran dana pensiun yang akan Anda terima? Jawabannya bisa berbeda pada setiap orang, bergantung pada masa kerja Anda.

Pasalnya, uang pada dana pensiun tidak Anda dapatkan secara cuma-cuma. Sebagian dana pensiun merupakan hasil dari pemotongan sebagian upah kerja Anda, dan sisanya adalah pemberian perusahaan. Nominal potongannya pun bervariasi dengan maksimal potongan 10%.

Kapan Dana Pensiun Bisa Diterima?

Kapan Dana Pensiun Bisa Diterima

Pada umumnya, kebanyakan orang akan mencairkan dana pensiun setelah mencapai usia pensiun, yakni 58-65 tahun.

Meski begitu, ada juga lembaga yang membolehkan Anda mengambil dana pensiun lebih dulu, tentu saja dengan syarat tertentu. Namun, perlu diingat bahwa jumlah dana pensiun yang diambil sebelum waktunya tentu akan lebih kecil daripada jika Anda mencairkannya di waktu yang tepat.

Apa Fungsi Utama Dana Pensiun?

apa itu dana pensiun

Pada prinsipnya, dana pensiun memiliki fungsi untuk menyokong hidup Anda setelah fase purnatugas, mengingat Anda tidak lagi memiliki penghasilan tetap.

Meski terdengar sederhana, memiliki dana pensiun sangatlah penting bagi setiap orang. Dana ini bisa Anda gunakan untuk berbagai kebutuhan, termasuk kebutuhan darurat, misalnya;

  • Untuk biaya pengobatan dan perawatan saat Anda jatuh sakit. Pasalnya, di usia yang tak lagi muda, banyak risiko penyakit yang mengintai.

  • Untuk menyelesaikan kewajiban finansial seperti membayar hutang atau membayar biaya pendidikan anak yang masih bersekolah.

  • Meringankan tanggungan orang-orang terkasih untuk menopang kehidupan sehari-hari Anda, misalnya biaya makan atau perawatan diri.

  • Memberi peluang untuk produktif kembali, misalnya dengan menggunakan dana pensiun untuk berwiraswasta.

Asuransi, Salah Satu Jenis Dana Pensiun

Apa fungsi utama dana pensiun

Selain dana pensiun yang Anda dapat dari perusahaan, asuransi juga bisa menjadi salah satu sumber dana pensiun. Dalam undang-undang, hal ini disebut dengan Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK).

Untuk dana pensiun, asuransi yang bisa Anda coba adalah Asuransi Ciputra Target Dana. Tak hanya memberi jaminan di akhir masa pertanggungan, asuransi ini juga bisa memberi jaminan jika Anda meninggal dunia dengan membayar premi tetap 5 tahun saja.

Untuk mengetahui detailnya, Anda bisa dapatkan informasi Selengkapnya dan lakukan simulasi premi secara gratis disini!